Kelihatan Sepele, Berhitung dengan Jari Ternyata Bikin Otak si Kecil Makin Cerdas!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 12 Juni 2020 11:15
Kelihatan Sepele, Berhitung dengan Jari Ternyata Bikin Otak si Kecil Makin Cerdas!
Wah, nggak nyangka deh!

Hampir semua anak belajar berhitung dengan memakai jari mereka. Tapi dengan bertambahnya usia dan bertambah rumitnya pelajaran matematika, nggak sedikit juga anak-anak yang mulai beralih menggunakan sempoa atau bahkan kalkulator.

Tapi tahu nggak sih Moms, berhitung menggunakan jari ternyata punya manfaat neurologis bagi si kecil lho. Profesor Jo Boaler dari Stanford University mengungkapkan bahwa berhitung menggunakan jari bisa mengembangkan pola pikir pada anak.

1 dari 2 halaman

Boaler menyatakan bahwa jari adalah alat bantu visual yang paling berguna bahkan sampai kita beranjak dewasa. Menghentikan si kecil berhitung menggunakan jari sama halnya dengan mengentikan perkembangan kemampuan matematika mereka.

Ilustrasi Anak Belajar Berhitung Pakai Jari © Diadona

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Frontiers of
Education juga mengungkapkan hal serupa. Mengutip dari Times of India, menggunakan jari saat berhitung bisa sangat berguna dan meningkatkan kecerdasan anak.

2 dari 2 halaman

Saat si kecil berhitung menggunakan jari, terjadi koneksi antara jari dengan otak. Umumnya, anak-anak yang berusia 6-10 tahun cenderung berhitung menggunakan jari ketika dihadapkan dengan matematika.

Saat menerapkan hal tersebut, korteks di otak menyala lebih jelas dan menunjukkan peningkatan fungsi otak. Jika sudah terbiasa, secara tidak sadar pun otak akan memandu anak untuk selalu melakukan cara tersebut. Meski terlihat sederhana, otak anak-anak pun cenderung berkembang dan makin cerdas!

Beri Komentar