Kakak dan Adik Bisa Kok Berbagi Kamar dengan Tenteram, Ikuti Tips Ini Moms!

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 11 November 2020 07:37
Kakak dan Adik Bisa Kok Berbagi Kamar dengan Tenteram, Ikuti Tips Ini Moms!
Semua ada solusinya kok, Moms!

Nggak semua hubungan kakak dan adik berjalan dengan damai. Terkadang kita sebagai orang tua harus menghadapi pertengkaran yang terjadi di antara si kakak dan si adik.

Bagi orang tua, mungkin hal yang mereka permasalahkan bukanlah sesuatu yang besar. Tapi bagi mereka, hal itu bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Sementara itu, banyak orang tua yang memutuskan untuk membuat si kakak dan si adik berbagi kamar. Meski kedengarannya sulit bagi anak yang suka berantem, tapi sebenarnya kita bisa melakukan sesuatu untuk mengubah keadaannya.

Dilansir dari Practical Parenting, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat anak berbagi kamar dengan tenteram.

1 dari 5 halaman

Libatkan anak

ilustrasi kakak adik © Diadona

Saat memutuskan untuk membuat kakak dan adik berbagi kamar, kita harus melibatkan mereka dalam semua keputusan. Misalnya, kita bisa melibatkan anak dalam mendesain ruangan.

Biarkan anak bersama-sama membuat ruangan mereka sendiri. Dengan begitu, anak akan merasa puas berbagi ruangan karena mereka berperan dalam merancangnya.

2 dari 5 halaman

Membagi ruangan

Ilustrasi Dekorasi Kamar Anak © Diadona

Anak harus memiliki perasaan kepemilikan pada ruangan yang dia tempati meski harus berbagi. Cara mewujudkan hal itu adalah dengan membagi ruangan menjadi ruang terpisah.

Hal ini dilakukan agar setiap anak punya area sendiri. Dengan begitu mereka akan punya tempat sendiri yang mereka miliki.

3 dari 5 halaman

Warna harus netral

Ilustrasi Dekorasi Kamar Anak © Diadona

Jangan merasa tertekan untuk menyesuaikan ruangan seperti keinginan salah satu anak. Sebaiknya kita tetap menjaga agar warna tembok dan lantai tetap netral.

Selanjutnya biarkan anak menghias tempat mereka yang telah dibagi dengan gara mereka sendiri. Dengan begitu anak bisa punya kebebasan untuk berkreasi.

4 dari 5 halaman

Tempat menyimpan barang

Ilustrasi Dekorasi Kamar Anak © Diadona

Barang milik kakak dan adik tentu sangat banyak. Pastikan untuk memberikan mereka tempat menyimpan barang masing-masing.

Pertengkaran bisa timbul dari barang kakak dan adik yang tercampur. Untuk itu sebaiknya beri mereka tempat menyimpan barang sendiri-sendiri.

5 dari 5 halaman

Membuat aturan

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Aturan menjadi hal yang penting di dalam rumah. Buatlah aturan yang bisa disetujui oleh si kakak dan si adik.

Nggak cuma tentang kehidupan keluarga, tapi berbagi kamar pun perlu aturan. Hal ini dibuat agar anak bisa lebih tenang dan menjaga kamar mereka.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar