Jangan Keburu Marah Kalo Anak Ngambek Dipakaikan Baju, Ternyata Ini Lho Alasannya!

Reporter : Mila
Selasa, 21 April 2020 09:57
Jangan Keburu Marah Kalo Anak Ngambek Dipakaikan Baju, Ternyata Ini Lho Alasannya!
Kebiasaan unik ini ternyata ada penyebabnya lho, parents.

Sering ga habis mandi si kecil ogah-ogahan dipakaian baju? Dia malah cenderung suka telanjang. Kalau sudah begini, pasti orang tua bakal geram.Eits, jangan keburu marah dulu parents. Sikap ini wajar banget kok dialami oleh anak-anak.

Melansir parenting.nytimes.com, ini adalah tahap kedua dari delapan perkembangan psikososial yang diungkapkan pertengahan 1900-an oleh psikolog bernama Erik Erikson. Tahap ini dinamakan anal-mascular stages yang berlangsung mulai dari usia 18 bulan sampai 3 atau 4 tahun.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Ga Pake Baju © Diadona

Menurut Erikson, pada tahap ini anak-anak akan mengeksplorasi batas-batas kendali pribadi mereka (otonomi serta perasaan malu dan ragu-ragu). Keinginan anak-anak untuk mengekspresikan otonomi menjadikan anak kadang enggan berpakaian.

Selain itu, dengan mengontrol tubuhnya, maka akan muncul suatu usaha anak terhadap pengalaman-pengalaman baru yang berorientasi pada suatu tindakan yang bisa menyebabkan adanya sikap untuk mengontrol diri sendiri dan juga untuk menerima kontrol dari orang lain (orangtua).

2 dari 2 halaman

Jadi, kalo si kecil emang ga mau dipakaian baju jangan dipaksa ya. Berikan dulu pengertian mengapa mereka harus pakai baju. Misal biar ga masuk angin atau biar terlihat lebih cantik atau ganteng.

Meski begitu, menurut Karen Hopkins, M.D., Profesor Rekanan Klinis di N.Y.U, kalau anak nggak mau dipakaikan baju dan mengalami perdebatan berkepanjangan, segera hubungi dokter ya. Karena bisa jadi ada yang salah pada si kecil. ketahuil sebelum terlambat, parents!

Beri Komentar