Jangan Julid deh, Semua Orangtua Tuh Punya Caranya Sendiri Membesarkan Anak!

Reporter : Mila
Senin, 13 April 2020 10:00
Jangan Julid deh, Semua Orangtua Tuh Punya Caranya Sendiri Membesarkan Anak!
Jangan ngurusin orang lain deh, ntar malah bikin sakit hati.

Jadi orangtua emang ga gampang ya. Khususnya ibu-ibu yang sering berkumpul di arisan, atau acara, bahkan komunitas online ibu-ibu. Pasti banyak deh yang merasa dirinya paling bener dalam merawat si kecil.

Hal ini bikin ibu-ibu lain bisa saja menilai cara parenting kita yang dianggap kurang benar, atau sebaliknya kita menilai cara parenting ibu-ibu lain kurang benar. Yap, menilai dan mengkritik itu emang ga bisa lepas dari manusia. Tapi, apa salahnya sih untuk nggak ngurusin oranglain?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Keluarga Makan © Diadona

Mengutip buku The Rebel Mama’s Handbook for (Cool) Moms diharapkan ibu-ibu nggak terjebak dalam 'lingkaran setan' ini dengan beberapa cara berikut.

Peraturan 1: Jangan menghakimi pilihan cara melahirkan seorang wanita. Mau di rumah sakit, mau dengan cara caesar, waterbirth, atau yang lainnya semua itu adalah pilihan calon ibu yang bersangkutan ya.

Peraturan 2: Jangan menghakimi pemberian makan anak lain. Mau anak minum asi dari kecil, ataupun minum susu formula, orang lain ga berhak untuk menghujat cara tersebut.

Peraturan 3: Jangan menghakimi komposisis keluarga lain. Mau mereka cuma memilih punya anak satu, banyak, atau memilih untuk ga punya anak, semua itu adalah pilihan mereka.

2 dari 2 halaman

Susah sih menahan untuk ga mengkritik atau menilai orang lain, tapi inget deh, semua orang khususnya orangtua itu juga melakukan yang terbaik, seperti kalian, jadi jangan serta-merta menyalahkan cara mereka untuk membesarkan anaknya ya :)

If your mind is not open, then keep your mouth shut too.

Beri Komentar