Ini yang Perlu Diperhatikan dalam Membesarkan Anak Tunggal

Reporter : Riza Umami
Senin, 2 Mei 2022 10:17
Ini yang Perlu Diperhatikan dalam Membesarkan Anak Tunggal
Anak tunggal apakah harus selalu dimanja Mom?

Banyak orang tua yang akan memanjakan anaknya saat mereka hanya mempunyai seorang anak. Hal ini pun membuat sang buah hati tumbuh menjadi anak yang manja dan mungkin sulit untuk mandiri.

Saat anak terlalu bergantung kepada orang tuanya, hal ini pun mungkin akan sangat menyulitkannya ketika dewasa nanti terutama kalau dia merantau atau berumah tangga. Lantas bagaimana cara mendidik anak tunggal dengan baik? Ini beberapa hal yang perlu ibu perhatikan.

1 dari 4 halaman

Dikutip dari unggahan akun Instagram @parentalk.id, ibu bisa melibatkan anak untuk berbagai aktivitas yang dilakukan misalnya memasak, mencuci piring, menyapu rumah dan masih banyak lagi aktivitas sederhana yang bisa dilakukan oleh anak. Dengan begini anak pun akan punya kesibukan daripada main sendiri terus.

Kemudian, ibu juga jangan lupa untuk menemani anak bermain. Ajak anak melakukan permainan-permainan yang bisa melatih kemandirian dan juga meningkatkan kemampuannya. Selain itu, biarkan anak berimajinasi sesukanya ketika bermain.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak-anakIlustrasi Anak-anak © unsplash.com/FuYong Hua

Selanjutnya, Mom bisa membuat jadwal playdate anak dengan teman-temannya. Hal ini untuk membuat buah hati tetap bisa bersosialisasi dengan anak sebayanya meski di rumah tak ada saudara.

3 dari 4 halaman

Dalam membesarkan anak tunggal, ibu juga bisa mengatur ruangan dan juga permainan-permainan yang memang bisa dimainkan sendiri oleh anak. Namun, jangan biarkan ia bermain sendiri terus, sesekali ibu bisa menemani anak.

Ibu pun dapat mengajak buah hati untuk berolahraga dan melakukan aktivitas dalam tim misalnya main sepak bola, voli dan masih banyak lagi. Anak pun bisa bermain dengan teman sebayanya sembari olahraga.

4 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak perempuanilustrasi ibu dan anak perempuan © thepragmaticparent.com

Kemudian yang tak kalah penting, jangan sampai membiarkan anak merasa ditinggalkan atau kesepian. Hal tersebut sangat mungkin dialami anak tunggal yang memang tak memiliki saudara di rumahnya. Jangan tinggalkan anak saat pergi atau main ke luar dan juga sering-sering menghabiskan waktu dengannya.

Beri Komentar