Indra Brasco Jadi Contoh bahwa Kedekatan Ayah dan Anak Penting Banget, Bisa Ditiru nih!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 23 April 2020 17:15
Indra Brasco Jadi Contoh bahwa Kedekatan Ayah dan Anak Penting Banget, Bisa Ditiru nih!
Sepenting apa sih kedekatan antara ayah dan anak?

Momen stay at home yang dianjurkan oleh pemerintah, memang memberikan banyak manfaat. Orang tua yang biasanya bekerja di luar rumah, kini memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan dengan keluarga di rumah. Salah satu publik figur yang terlihat banyak membagikan momen kebersamaannya dengan keluarga di rumah adalah Indra Brasco.

Suami dari Mona Ratuliu ini kerap membagikan video TikTok yang dilakukan bersama Nala, sang buah hati. Berbagai kegiatan seru pun dilakukan pasangan ayah dan anak ini demi menghalau kebosanan akibat di rumah saja.

1 dari 4 halaman

      View this post on Instagram

Naaah... Setelah banyak yang minta TikTok versi baru dari kita, melalui Surat, Kartu Post, Telegram dan Wesel. . . DeTok NaDa (Duet TikTok Nala Yanda) Mempersembahkan untuk Anda yang #dirumahaja !! #ulahsinala #naladanyanda #thebrasco #fatheranddaughter #ayahasik

A post shared by INDRA BRASCO (@indrabrasco) on

Meski kelihatan sepele, kedekatan antara ayah dan anak ini ternyata menyimpan banyak manfaat lho. Merangkum dari happinest.id, berikut adalah alasan mengapa kedekatan antara ayah dan anak itu penting banget. 

2 dari 4 halaman

Anak Cenderung Lebih Ceria

Di mata anak-anaknya, sosok ayah dikenal sebagai pribadi yang kuat dan dapat melindungi. Kehadiran sang ayah di sekitar anak, akan membuat anak jadi lebih merasa aman dan nyaman.

Anak bisa jadi lebih berani dan nggak takut melakukan hal-hal baru. Bahkan, kedekatan ayah dengan anak bisa membuat anak jadi lebih bahagia dan ekspresif loh.

Terhindar dari Risiko Stres dan Cemas

Bukan cuma orang dewasa, nyatanya anak-anak juga bisa mengalami stres dan kecemasan. Melansir dari Journal of Family Psychology, anak yang dekat dengan sosok ayah akan lebih aman dari risiko stres dan cemas.

Kedekatan dengan ayah, membuat anak jadi lebih berani menyampaikan isi hatinya. Mulai sekarang, biasakan untuk banyak ngobrol dengan anak ya..

3 dari 4 halaman

Memiliki Hidup yang Lebih Baik

Penelitian dar Universitas Rutgers menyatakan bahwa anak yang dekat dengan ayahnya memiliki peluang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Hal ini rupanya disebabkan oleh kebutuhan psikologis anak yang terpenuhi melalui keberadaan sang ayah.

Emosi Anak Lebih Stabil dan Terkontrol

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Father Involvement Research Alliace mengungkapkan bahwa anak yang dekat dengan ayah cenderung memiliki emosi yang stabil. Denga kondisi emosi yang demikian, anak akan tumbuh jadi sosok yang percaya diri, selalu bersemangat dan mampu menguasai dirinya.

4 dari 4 halaman

Anak Jadi Berprestasi di Sekolah

Yang paling mudah terlihat adalah, kedekatan ayah dan anak akan membuat sang anak jadi cerdas dan berprestasi lho. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of New Jersey, kedekatan tersebut akan membuat anak memiliki IQ yang tinggi dan terbiasa untuk berpikir logis.


Kedekatan ayah dan anak memang tidak bisa terjadi begitu saja. Perlu usaha yang dilakukan sejak dini, agar kedekatan itu terbentuk dengan sendirinya.

Beri Komentar