Nindy Bikin Minimarket di Rumah untuk Anaknya, Ternyata Bisa Melatih Problem Solving Juga!

Reporter : Sofi
Kamis, 23 April 2020 06:47
Nindy Bikin Minimarket di Rumah untuk Anaknya, Ternyata Bisa Melatih Problem Solving Juga!
Wah udah seru, banyak manfaat lagi!

Diketahui dari postingan Nindy Ayunda di Instagram, jika putri bungsunya yang bernama Kanara ingin sekali pergi ke minimarket. Tapi karena pandemi virus Corona yang sedang terjadi, membuat Kanara tidak bisa keluar rumah demi keselamatan dan kesehatannya sendiri. Tidak mau melihat sang buah hati bersedih, Nindy kemudian membuat minimarketnya sendiri di rumah.

Dengan bermain semacam ini akan memberikan banyak manfaat untuk si kecil loh Moms. Menurut Millwood Education, bermain peran akan membuat anak-anak belajar tentang aktivitas dan situasi di dunia nyata. Selain itu, dilansir dari orami.parenting.co.id, ini juga bisa membangun kepercayaan diri anak jika dihadapkan pada dituasi seperti itu di kemudian hari. Selain itu masih ada manfaat lainnya loh Moms, yuk simak!

1 dari 5 halaman

1. Cermat dalam Memilih

Saat bermain jual beli, anak-anak akan langsung belajar memilih barang yang baik untuk dibeli. Tentu saja ini juga dengan dampingan orang tua.

2 dari 5 halaman

2. Mengasah Kreativitas

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Saat bermain jual beli ini, daya imajinasi anak akan ikut terlatih. Secara gak langsung mereka akan berimajinasi apa yang mereka ingin beli.

3 dari 5 halaman

3. Melatih Komunikasi

Secara gak langsung ketika bermain jual beli dengan anak, Ibu akan berinteraksi dengan mereka. Nah, hal ini yang akan membuat mereka terbiasa untuk belajar bagaimana berkomunikasi secara lebih jelas dan lancar. Ini juga akan melatih bagaimana si kecil belajar untuk mendeskripsikan sesuatu yang ingin mereka beli.

" Dengan bermain bersama anak yang lebih tua dan lebih muda, kecerdasan emosional akan pun akan semakin terlatih," kata dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), MSi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

4 dari 5 halaman

4. Belajar Mengambil Keputusan

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Belajar mengambil keputusan sejak kecil adalah hal yang penting. Dengan melatihnya untuk berani menentukan pilihan dari hal yang sederhana seperti barang apa yang akan mereka beli saat itu. Meski terlihat sederhana, hal ini akan berpengaruh pada kehidupannya nanti.

5 dari 5 halaman

Gimana nih Moms? Kalian tertarik untuk mengajak anak buat minimarket di rumah gak? Atau kalau mau yang lebih sederhana, bermain pasar-pasaran juga sama aja kok Moms! Itung-itung bisa buat ngisi masa isolasi diri ini sambil menjalin ikatan dengan anak, biar makin dekat. Stay healthy Moms!

Beri Komentar