Ibu Ini Nyamar Jadi Anak Umur 11 Tahun dan Ungkap Kejahatan Predator Online

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 3 Maret 2020 13:43
Ibu Ini Nyamar Jadi Anak Umur 11 Tahun dan Ungkap Kejahatan Predator Online
Predator online nggak mengenal usia, kita harus lebih waspada!

Memberikan anak kebebasan untuk menggunakan handphone serta mengakses internet sudah menjadi hal yang biasa dengan maraknya kemajuan teknologi dan kecepatan informasi saat ini. Tapi nggak semua orang tua benar-benar mengawasi apa yang dilakukan anak dengan benda pipih canggih yang dia bawa ke mana-mana itu.

Banyak orang tua yang pasti sudah sangat sadar dengan bahaya dari penggunaan handphone. Di samping kecanduan yang sudah sering dibahas di banyak tempat, ada pula kejahatan online yang mungkin masih nggak disadari oleh banyak orang tua. Kita perlu sadar bahwa predator online memang benar-benar nyata dan bisa saja anak kita lah yang menjadi korban orang-orang nggak bertanggung jawab itu.

1 dari 4 halaman

Bark © Diadona

Sebuah video dari channel Youtube Bark mungkin bisa jadi salah satu video yang akan membuka mata kita sebagai orang tua. Dalam video itu seorang ibu yang bekerja di sebuah perusahaan teknologi berusaha mengungkapkan kejahatan predator online yang menargetkan anak di bawah umur.

Ibu itu menyamar sebagai anak remaja di bawah umur dan mulai membangun akun media sosial miliknya. Hal yang bikin dia terkejut adalah banyaknya chat, foto, hingga video nggak senonoh dari pria-pria pedofil yang dikirim pada akun samarannya.

2 dari 4 halaman

Bark © Diadona

Bahkan hal itu tetap terjadi saat dia menyamar sebagai anak berusia 11 tahun. Hal ini kemudian membuktikan bahwa predator online memang nggak mengenal usia untuk mencari targetnya.

Saat menjalani penyamarannya, ibu ini merasa miris ketika mengingat bahwa hal ini bisa saja dialami oleh anaknya sendiri. Diketahui ibu itu memiliki tiga orang anak dan dia nggak bisa membayangkan bahwa saat pelecehan online terjadi pada sang anak, mungkin saja dia, guru, serta teman-temannya nggak mengetahui hal itu.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Dari yang saya baca di The Guardian, beberapa pakar yang bekerja di perusahaan keamanan internet mengungkapkan bahwa orang tua harus membicarakan keamanan online pada anak sejak dini.

Di usia muda, mungkin anak masih menggunakan gadget di bawah pengawasan kita namun hal itu nggak membuat dunia online sepenuhnya aman. Untuk itu, hal utama yang harus kita lakukan adalah mulai mengajarkannya untuk menjaga keamanan di dunia online.

Selalu awasi penggunaan handphone anak dan mengingatkan mereka untuk waspada dengan orang asing. Orang dewasa saja masih rentan dengan serangan predator online, apalagi anak-anak yang bisa dikatakan punya rasa ingin tahu sangat tinggi namun masih kurang dalam berhati-hati.

4 dari 4 halaman

Keterlibatan orang tua dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk melindungi anak kita dari serangan predator online. Pastikan untuk selalu mengecek handphone anak serta membimbing mereka untuk menggunakan internet secara sehat.

Semoga saja hal ini bisa menjadi pelajaran bagi kita sebagai orang tua agar lebih memperhatikan anak. Kamu bisa menonton video penyamaran sang ibu di bawah ini.

Beri Komentar