Arti Nama Bayi Laki-Laki dan Perempuan yang Islami dan Modern

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 6 Mei 2020 11:00
Arti Nama Bayi Laki-Laki dan Perempuan yang Islami dan Modern
Jika nama adalah doa, sudah selayaknya kita mendoakan yang terbaik buat anak-anak kita.

Arti nama bayi adalah hal yang menjadi perhatian tersendiri bagi setiap orang. Ya, kita semua percaya bahwa sebuah nama adalah untaian doa. Oleh sebab itu, pemberian nama kerap dianggap sebagai doa yang akan terus melekat kepada sang bayi.

Jika di tahun 2000-an kita akrab dengan nama-nama bayi lokal seperti Rudi, Widodo, Anisa, dan lain-lain. Maka di zaman yang sudah modern nama bayi pun juga semakin beragam. Mulai dari yang bernuansa islami hingga modern. Tentu saja nama yang islami dan juga modern ini pasti memiliki arti nama bayi yang baik juga.

1 dari 5 halaman

Memberikan nama bayi yang memiliki arti baik juga bisa menjadi wujud kasih sayang orang tua terhadap buah hatinya. Dalam nama sekaligus arti nama bayi tersebut mengalirlah seluruh harapan dan doa yang diberikan oleh orang tua.

Nah untuk membantu memberikan nama sekaligus arti nama bayi yang baik, artikel ini akan membahas beberapa nama bayi laki-laki dan perempuan yang bernuansa islami sekaligus modern. Tentu saja ini sudah diolah dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Arti Nama Bayi Laki-Laki

Arti Nama Bayi © Diadona
1. Jafar, Nama Jafar juga diambil dari nama tokoh astronom dan ahli matematika muslim dari Persia yakni Abu Jafar Muhammad. Sehingga membrikan nama yang memiliki arti seperti tersebut, orang tua berharap sang buah hati bisa menjadi seorang tokoh.

2. Danish, nama Danish sering digunakan dalam bahasa Persia dengan makna luas yakni pengetahuan dan kebijaksaan.

3. Farabi, Al Farabi adalah filsuf dari Damaskus, Syria yang juga merupakan seorang ilmuwan. Sehingga kecerdasannya tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu nama Farabi bisa memberikan pengaruh yang positif untuk buah hati Anda.

4. Razi, nama ilmuwan muslim lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menamai buah hati adalah Razi dari nama Zakaria ar Razi asal Persia. Sedangkan dalam bahasa Arab, Razi memiliki arti kepuasan.

5. Sina, Ibnu Sina merupakan nama ilmuwan yang begitu terkenal dari Persia. Hidupnya beliau dedikasikan dalam bidang kedokteran, filsafat, serta pengobatan. Selain bermakna cerdas, Sina sendiri memiliki arti diberkahi dalam bahasa Latin.

3 dari 5 halaman

6. Tsabit, Tsabit memiliki arti nama bagi bayi laki laki. Tsabit merupakan nama ahli astronomi, fisika, matematika, dan penerjemah dari Arab. Oleh karena itu tak diragukan lagi bahwa pemberian nama ini menjadi doa agar anak Anda tumbuh menjadi sosok yang cerdas.

7. Haitham, Ibnu Haitham yang menjadi ilmuwan pertama saat menjelaskan konsep penglihatan. Kemudian, dalam bahasa Arab yang bermakna elang muda yang tentu saja memiliki kesan gagah, kuat, dan pemberani.

8. Rumi, nama Rumi memang mengambil dari nama Jalaludin Rumi, seorang penyair sufi yang begitu tersohor. Memberikan nama ini akan mendoakannya tumbuh sebagai anak yang cerdas, berpandangan luas, namun selalu ingat akan Tuhan seperti Rumi.

4 dari 5 halaman

Arti Nama Bayi Perempuan

Arti Nama Bayi © Diadona
1. Alaika, Alaika sebenarnya berasal dari bahasa Arab yang kemudian diserap dalam bahasa Indonesia dan memiliki kedamaian. Sehingga semoga nama ini menjadikan buah hati pembawa kedamaian dalam hidup.

2. Nur Almira Auni mempuyai arti nama cahaya putri lemah lembut dan ketenangan.

3. Abigail, nama Abigail sendiri terdengar cantik. Dan ternyata nama ini berarti sumber kebahagiaan dalam bahasa Ibrani.

4. Samaira Atiqa, yang berarti eorang yang menawan dengan kecantikan. Samaira Atiqa sepertinya cocok untuk nama bayi kamu.

5. Qanita, sebuah kata yang muncul di dalam Alquran surat Al-Ahzab ayat 35 ini memiliki makna taat atau orang yang shalih. Sehingga diharapkan penggunaan nama ini akan membuat buah hati Anda tumbuh menjadi wanita yang shalihah.

6. Mahdeya Amani Sofea, mempunyai arti yang mendapatkan hidayah atau cita-cita, ketenanganku, keinginan, kesejahteraanku atau kemewahan.

5 dari 5 halaman

Arti Nama Bayi Modern

Arti Nama Bayi © Diadona
1. Aristide Keano
Bayi laki-laki yang selalu membawa kesejukan bagi semua orang

2. Kenzo Julian
Arti nama bayi laki-laki modern selanjutnya berarti anak muda yang pintar dan kreatif.

3. Alvaro Argi Naruna
Pemimpin yang bijak, menerangi jalan kebenaran untuk keselamatan umat manusia

4. Saveri Abel Alterio
Anak lelaki yang bersinar seperti bintang, dan selalu memberikan nafas kehidupan bagi keluarganya.

5. Adinata Aileen Caesar
Artinya pemimpin yang bersinar seperti cahaya yang paling terang di alam semesta

6. Galen Ray Surendra
Anak lelaki berparas elok, berhati lembut, dan agung seperti seorang raja

Nah itulah arti nama bayi yang bisa kamu gunakan jika kamu sudah siap dengan momongan. Jika nama adalah doa, sudah selayaknya kita mendoakan yang terbaik buat anak-anak kita.

Beri Komentar