Hati-Hati Moms, Anak Keseringan Main Game Bisa Bikin Sindrom Quervain

Reporter : Sofi
Kamis, 14 Mei 2020 11:47
Hati-Hati Moms, Anak Keseringan Main Game Bisa Bikin Sindrom Quervain
Jangan biasain ya Moms!

Di zaman sekarang ini permainan anak-anak semkain canggih. Menggunakan permainan elektronik, atau video games banyak digemari oleh anak-anak. Saking asiknya mereka bermain video games ini, kadang mereka sampai lupa waktu.

1 dari 4 halaman

Pengertian

Ilustrasi Anak Bermain Game © Diadona

Perlu diektahui ya Moms, bermain video games ini bisa menyebabkan sindrom Quervain pada anak loh. De Quervain's Syndrome atau dikenal juga dengan sindrom Quervain adalah kondisi tendonitis yang akan membuat sisi ibu jari atau jempol serta pergelangan tangan menjadi sakit. Atau bisa menyebabkan peradangan dalam.

Jika anak suka merasa sakit setelah bermain games, ini bisajadi mereka mengalami sindrom Quervain ini. Tendon yang digunakan terus menerus secara berlebihan akan menipis dan mengalami robekan-robekan kecil. Kalau terus dipaksakan, tendon yang menipis ini bisa meradang dan membengkak.

2 dari 4 halaman

Penyebab

Dilansir dari WebMD, kondisi ini sebetulnya belum diketahui secara pasti penyebabnya apa. Tapi semua kegiatan yang berhubungan dengan gerakan tangan secara berulang dan berlebihan seperti main game, olahraga menggunakan stik atau raket, dan mengetik komputer, hingga tertimpa benda keras pada jempol bisa menjadi penyebab kondisi ini.

Sebenarnya anak-anak masih belum berisiko tinggi utnuk mengalami kondisi ini. Tapi orang dewasa berusia 30-50 tahun yang memiliki risiko tinggi dengan sindrom Quervain ini. Meskipun gak terlalu berisiko, Moms mesti was-was juga pada anak nih biar anak gak kecanduan bermain game. Kalau dibiasakan mulai kecil, tendon akan menipis sejak kecil dan bisa menimbulkan sindrom Quervain ini di kemudian hari.

3 dari 4 halaman

Gejala

ilustrasi anak bermain game © Diadona

Kondisi yang sudah terlanjur terjadi dan beberapa kasus sakitnya bisa menjalar sampai ke lengan. Tapi gejala yang bisa terjadi sebelum sakit sampai lengan bisa diketahui sebagai berikut:

- Pembengkakan dan rasa sakit di pangkal ibu jari,
- Pembengkakan dan rasa sakit di sisi pergelangan tangan,
- Nyeri di sepanjang punggung ibu jari, langsung di atas dua tendon.

4 dari 4 halaman

Penanganan

Menangani sindrom Quervain ini bisa menggunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan semacamnya. Tapi jika keadaan terlalu parah, hal ini bisa sampai dilakukan penindakan lanjut dengan operasi.

Jika Moms memang khawatir dengan keadaan si kecil ini, Moms memang dianjurkan untuk ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jadi mulai sekarang mungkin Moms bisa ajak si kecil untuk bermain bersama daripada membiasakannya bermain game ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar