Hal yang Perlu Diperhatikan saat Balita Main Air

Reporter : Riza Umami
Rabu, 24 Mei 2023 18:26
Hal yang Perlu Diperhatikan saat Balita Main Air
Siapa nih Mom yang anaknya suka banget main air?

Ketika balita bermain air, perhatian dan keamanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Saat mereka mengeksplorasi dunia air, penting bagi kita sebagai orang dewasa untuk memastikan bahwa mereka berada dalam lingkungan yang aman.

Kira-kira, apa saja sih Mom hal-hal yang perlu diperhatikan saat balita suka banget main air terutama sewaktu di luar rumah. Ini nih beberapa hal tersebut.

1 dari 5 halaman

Pengawasan

Balita harus selalu diawasi secara ketat saat bermain air. Pastikan ada orang dewasa yang selalu berada di dekatnya dan siap membantu jika terjadi kejadian darurat.

Kedalaman Air

Pastikan balita bermain di area yang sesuai dengan usianya. Jika ada kolam renang atau perairan dalam, pastikan balita bermain di area dangkal di mana dia dapat berdiri dengan aman.

2 dari 5 halaman

Suhu Air

Ilustrasi Anak Main Air © Diadona

Perhatikan suhu air untuk memastikan balita tidak terlalu kedinginan atau kepanasan. Air yang terlalu dingin dapat menyebabkan kedinginan dan air yang terlalu panas dapat menyebabkan kelelahan atau luka bakar pada buah hati.

Kebersihan Air

Pastikan air yang digunakan aman dan bersih. Hindari membiarkan balita bermain di air yang kotor hingga tercemar yang mungkin terdapat bakteri atau kuman. Main di air kotor bisa berisiko membuat anak jadi sakit.

3 dari 5 halaman

Penggunaan Pelampung atau Bantuan Renang

Jika balita belum bisa berenang dengan baik, pastikan untuk menggunakan pelampung atau bantuan renang yang sesuai untuk memberikan keamanan tambahan terutama kalau ia berenang di kolam renang.

Bahaya Tertelan Air

Balita cenderung ingin menyelam atau memasukkan kepala mereka ke dalam air. Pastikan mereka tidak menelan terlalu banyak air, karena ini dapat menyebabkan tersedak atau masalah pernapasan. Beberapa anak pun terkadang suka curi-curi minum air mentah saat lagi main air, sebisa mungkin Mom larang karena bisa sebabkan anak terkena flu.

4 dari 5 halaman

Produk Kesehatan dan Kebersihan

Ilustrasi Bayi Berenang © Diadona

Pastikan balita mengenakan popok renang jika perlu ketika sedang bermain air. Selain itu, gunakan tabir surya yang aman untuk melindungi kulit balita dari sinar matahari.

Pakaian yang Sesuai

Balita harus mengenakan pakaian yang sesuai saat bermain air. Pilih pakaian yang nyaman, ringan, dan mudah kering. Beberapa orang tua pun terkadang lebih memilih anaknya hanya dipakaikan popok supaya tidak terlalu dingin saat bajunya basah.

5 dari 5 halaman

Keselamatan Sekitar Air

ilustrasi anak berenang © Diadona

Pastikan area sekitar air aman. Jauhkan benda-benda berbahaya, seperti bahan kimia, alat elektronik, atau mainan tajam dari jangkauan balita. Selain itu, terkadang area yang licin bisa membuat anak terpeleset hingga jatuh di sekitar air.

Pendidikan Keselamatan Air

Ajarkan balita tentang keselamatan air sedini mungkin. Ajarkan mereka untuk tidak berenang sendirian, tidak menyentuh saluran air atau listrik, dan selalu mendekati air dengan hati-hati.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat balita sedang main air terutama di kolam renang umum. Semoga ulasan ini cukup bermanfaat ya Mom supaya buah hati bisa main air dengan aman.

Beri Komentar