Gak Mau Turun dari Gendongan, Apa Sih Alasan Bayi Gak Suka Berdiri di Atas Rumput?

Reporter : Sofi
Sabtu, 11 April 2020 13:00
Gak Mau Turun dari Gendongan, Apa Sih Alasan Bayi Gak Suka Berdiri di Atas Rumput?
Katanya bukan karena geli.

Punya bayi adalah yang sangat menyenangkan bagi banyak orang, apalagi orangtua baru. Kalau melihat perkembangannya pasti gemes juga kan, ketika si bayi yang sudah bisa duduk dan bisa diajak bercanda biasanya di umur 7 bulan. Ekspresi dan emosi yang dibuat juga bisa bikin kangen kan!

Nah, makin bertambahnya usia bayi akan menunjukkan rasa takut sama benda. Dan mungkin kalian pernah melihat reaksi yang dimunculkan oleh bayi ketika menginjak rumput. Kelihatannya mereka seperti takut kan? Tapi sebenarnya ada penjelasannya loh Moms, yuk simak!

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Mungkin sebagai orangtua kita akan berpikir anak kita penyebabnya adalah rasa gatal yang ditimbulkan, dan itu kenapa anak kita menangis ketika ditaruh di atas rumput. Dilansir dari halodoc.com, padahal yang sebenarnya terjadi adalah respon yang berlebihan dari sensor saraf bayi loh. Nah dari respon yang berlebihan itu disebabkan rasa kaget anak yang baru pertama kali melihat dan merasakan rumput.

Si kecil seringkali terlihat takut untuk menyentuh benda yang terlihat asing karena bayi akan berpikiran bahwa benda itu berbahaya atau membuat dirinya geli. Akibatnya bayi akan akan mengeluarkan mekanisme perlindungan diri dan berusaha menjauhi benda tersebut. Ini sama seperti yang dialami oleh orang dewasa.

2 dari 2 halaman

Seperti contoh, ketika orang terlalu lama tinggal di negara tropis kemudian mendadak merasakan salju. Hal itulah yang sama terjadi pada bayi yang baru pertama kali melihat rumput. Tapi gak semua bayi akan memberikan reaksi yang sama pada benda baru yang silihatnya. Ada yang menangis saat menyentuh rumput, ada juga yang tertawa dan terlihat senang.

Pada awal usia bayi, banyak pertumbuhan dalam anak yang salah satunya adalah sistem saraf dan motorik bayi. Pertumbuhan ini berlangsung sangat cepat dan menyebabkan perkembangan terhadap sensor saraf bayi, hingga bayi dapat mengenal berbagai suara, sensasi, dan peningkatan penglihatan. Bayi yang berusia lebih dari 7 bulan tentu lebih memiliki rasa peka terhadap sekitarnya.

Jadi gak usah khawatir ya Moms kalau si kecil tidak mau turun ke rumput. Mereka cuman kaget aja kok. Pelan-pelan ajarkan dan biasakan dengan benda-benda sekitarnya.

Beri Komentar