Gak Cuma Ibu, Ayah Juga Punya Peran Penting dalam Masa Kecil Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 28 Agustus 2020 16:37
Gak Cuma Ibu, Ayah Juga Punya Peran Penting dalam Masa Kecil Anak
Ayah juga harus berperan!

Harusnya semua orang tua sudah memahami bahwa peran ayah dan ibu sangat dibutuhkan dalam kehidupan anak mereka. Tapi dalam prakteknya, semua mungkin memang nggak semudah yang seharusnya.

Kebanyakan hanya ibu yang diberi beban besar untuk mengasuh dan merawat anak setiap hari. Sementara ayah harus bekerja di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Meski kenyataannya memang sulit, tapi bukan berarti ayah harus lepas tangan terhadap anak. Faktanya ayah juga memiliki peran yang penting dalam masa kecil anak.

1 dari 4 halaman

ilustrasi ayah dan anak © Diadona

Dilansir dari Boldsky, ayah punya peran sangat besar dalam perkembangan anak. Hal ini termasuk pada perkembangan bahasa dan pertumbuhan kognitif pada masa balita hingga keterampilan sosial mereka saat sudah lebih besar.

Fakta ini ditemukan oleh dua jurnal akademi Early Childhood Research Quarterly dan Infant and Child Development. Keduanya memberikan bukti bahwa peran ayah dan ibu begitu penting dan dibutuhkan sejak dini.

2 dari 4 halaman

Studi tersebut menemukan bahwa stres yang berhubungan dengan pola asuh ayah punya efek berbahaya pada perkembangan kognitif dan bahasa anak. Hal ini lebih besar terjadi pada anak berusia dua sampai tiga tahun.

Bahkan hal ini juga tetap berpengaruh meski ibu telah ikut berperan. Pengaruh ayah juga berdampak lebih besar pada kemampuan bahasa anak laki-laki daripada anak perempuan.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Ayah dan Anak Bermain Jenga © Diadona

Stres dan masalah kesehatan mental pada orang tua mempengaruhi cara berinteraksi dengan anak-anak. Selain itu, hal ini juga dapat memengaruhi masa kecil anak.

Claire Vallotton, Profesor di Universitas Negeri Michigan, mengungkapkan bahwa kehadiran ayah benar-benar memiliki efek langsung pada anak. Kehadiran mereka bahwa bisa memberikan pengaruh jangka pendek hingga jangka panjang dalam kehidupan anak.

4 dari 4 halaman

Para peneliti telah mempelajari efek stres dan depresi yang dialami orang tua pada anak-anak mereka. Ditemukan bahwa kesehatan mental ayah memberikan dampak jangka panjang yang bisa menyebabkan perbedaan keterampilan sosial dalam diri anak.

Untuk itu, penting agar kita menyadari bahwa nggak hanya ibu yang bertugas untuk membesarkan anak. Mulai sekarang ayah juga harus hadir dalam kehidupan anak sejak hari pertama mereka lahir.

Beri Komentar