Anak Makin Malas Belajar dan Kecanduan Gadget Akibat Pandemi, Apa yang Harus Dilakukan?

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 7 Agustus 2020 17:37
Anak Makin Malas Belajar dan Kecanduan Gadget Akibat Pandemi, Apa yang Harus Dilakukan?
Ikuti tips ini yuk, Moms!

Wabah corona membuat masyarakat dianjurkan untuk melakukan kegiatan dari rumah. Jika nggak diperlukan, masyarakat diharapkan untuk tetap berada di rumah dan nggak pergi keluar.

Kondisi ini kemudian membuat anak nggak bisa melakukan kegiatan belajar di sekolah. Pada akhirnya mereka diharuskan untuk belajar di rumah dan menjalani kelas online.

Namun perubahan ini ternyata juga memberikan efek buruk bagi anak. Beberapa anak nyatanya semakin malas belajar dan mulai kecanduan gadget karena kelamaan di rumah.

Kalau sudah begini, sebagai orang tua kita nggak boleh membiarkannya. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi hal ini.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Menetapkan batasan waktu bagi keluarga

Nggak cuma untuk anak, tapi kita juga harus menetapkan batasan waktu penggunaan gadget pada seluruh anggota keluarga. Anak-anak sangat jeli, mereka bisa mengamati dan memahami setiap tindakan yang dilakukan oleh orang tua. Makanya kita juga harus mengikuti aturan penggunaan gadget yang kita tetapkan.

Meluangkan waktu untuk anak

Orang tua yang bekerja dari rumah tentu juga disibukkan dengan tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan. Tapi kita juga nggak boleh lupa meluangkan waktu untuk anak. Kita harus menetapkan batasan jam kerja di rumah sama seperti saat bekerja di kantor.

2 dari 3 halaman

ilustrasi keluarga © Diadona

Mematikan gadget saat bersama

Hindari gangguan dari gadget saat sedang berkumpul bersama keluarga. Sebaiknya kita mematikannya lebih dulu dan menjauhkannya dari pandangan kita. Dengan begitu kita akan lebih bisa menikmati waktu bersama dengan keluarga.

Batasan pada anak-anak

Selain mengatur waktu penggunaan gadget, kita juga harus menetapkan batasan terkait penggunaan gadegt, media sosial, dan internet. Hal ini dilakukan untuk melakukan pengawasan pada anak agar mereka nggak terkena dampak negatif dari konten di internet.

3 dari 3 halaman

ilustrasi keluarga © Diadona

Mengobrol dengan anak

Mendidik anak akan terasa lebih mudah jika kita membangun komunikasi yang baik sejak dini. Kita bisa mengajak anak untuk mengobrol dengan jujur dan memberitahu mereka tentang bahaya penggunaan gadget yang berlebihan.

Membuat hobi baru

Agar anak nggak hanya menghabiskan waktu di rumah dengan gadget miliknya, kita bisa mengenalkan anak pada hobi baru. Cara ini juga dapat membantu mengembangkan minat dan bakat anak selama pandemi.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar