Cara Mengenalkan Angka dan Huruf sesuai Usia Buah Hati

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 28 Januari 2023 06:17
Cara Mengenalkan Angka dan Huruf sesuai Usia Buah Hati
Yuk Mom mulai mengenalkan angka dan huruf pada anak.

Ada banyak hal yang bisa ibu ajarkan kepada anak, salah satunya belajar mengenal angka dan huruf. Anak usia balita biasanya sudah bisa diajak belajar angka dan huruf.

Tentu ada kebanggaan tersendiri ketika anak bisa melafalkan angka dan huruf sendiri tanpa bantuan ibu. Yuk Mom mulai ajarkan buah hati untuk mengenal angka dan huruf dengan menyesuaikan usianya.

1 dari 4 halaman

Usia 2-3 Tahun

Dilansir dari laman ibudanbalita.com, anak di usia ini masih berada di tahap mengembangkan kemampuan bahasa dan bicaranya. Selain itu, anak juga mulai mengasah keterampilan motorik halus dasar yang nanti dibutuhkan untuk belajar menulis.

Di usia 2-3 tahun, ibu sudah bisa mengenalkan angka dan huruf. Beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya dengan menyanyi, menggunakan mainan angka atau huruf serta mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, ukuran atau warna. Anak di usia ini sudah dapat mengenali angka satu digit.

2 dari 4 halaman

Usia 4-6 Tahun

ilustrasi anak belajar © Diadona

Anak pada usia ini biasanya sudah memasuki sekolah di PAUD atau TK. Anak pun akan lebih banyak diajarkan tentang angka dan huruf oleh para guru di sekolahnya sehingga akan lebih memudahkan tugas ibu dalam membantu pertumbuhan serta perkembangan anak.

3 dari 4 halaman

Beberapa hal untuk membantu mengenalkan angka dan huruf pada anak yitu dengan mendengarkan sajak berima, mencocokkan kata-kata yang memiliki bunyi awal atau akhir sama. Anak biasanya mulai bisa berhitung dan mengenali angka 1 sampai 20.

Usia 7-10 Tahun

Di usia ini, anak sudah memasuki Sekolah Dasar (SD). Kini, membaca dan berhitung menjadi salah satu syarat untuk masuk di beberapa sekolah. Anak pun biasanya sudah mempelajari penjumlahan dan pengurangan.

4 dari 4 halaman

ilustrasi anak belajar di sekolah © Diadona

Kosa kata anak pun sudah makin bertambah banyak di usianya sekarang sehingga akan mempermudahnya untuk belajar membaca. Itulah ulasan tentang mengenalkan angka dan huruf sesuai usia anak. Semoga cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar