Cara Membuat Playdough Sendiri di Rumah yang Awet dan Aman untuk Mainan Anak

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 23 September 2020 07:30
Cara Membuat Playdough Sendiri di Rumah yang Awet dan Aman untuk Mainan Anak
Inilah cara membuat playdough rumahan yang aman dan mudah untuk dipraktikkan.

Pada usia tertentu, anak-anak senang memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya, terutama mainan. Namun sayangnya, tidak semua mainan yang dimiliki oleh anak aman dimasukkan ke mulut, sebab mainan mengandung banyak bahan-bahan kimia.

Sehingga, untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu pada anak saat bermain, alangkah baiknya saat ini kamu belajar cara membuat playdough sebagai alternatif lainnya dalam memberikan mainan yang aman untuk si kecil.

Lalu, bagaimana cara membuat playdough yang sendiri yang aman? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Playdough yang Awet

Cara Membuat Playdough © Diadona

Seperti yang diketahui, cara membuat playdough sendiri yang paling sederhana ialah hanya terbuat dari terigu, garam, air, dan pewarna makanan saja. Namun playdough sederhana biasanya tidak awet, selesai jadi kering atau malah berjamur. Baunya pun juga semkain tidak enak.

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut ini kami lansirkan cara membuat playdough yang awet serta tidak berjamur.

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

1. Air secukupnya

2. Pewarna makanan

3. 2 sdt cuka masak

4. 50gr garam halus

5. 100gr tepung terigu

6. 2-3 sdm minyak goreng

7. 5-6 sendok tepung maizena atau kanji (sesuai kebutuhan)

2 dari 3 halaman

Cara membuat:

Cara Membuat Playdough © Diadona

1. Langkah pertama cara membuat playdough yang awet yaitu campur terigu, garam, cuka, dan minyak ke dalam mangkok. Kemudian tambahkan air sedikit-sedikit sampai adonan kalis.

2. Kalau terlalu lembek, kamu bisa menambahkan tepung maizena Setelah itu pisahkan menjadi beberapa bagian dan beri pewarna sesuai selera.

3. Tahap ketiga cara membuat playdough yang awet adalah pananskan adonan tersebut di pan sambil terus dibolak-balik supaya panasanya merata. Hal ini bertujuan agar playdough bisa awet selama beberapa bulan.

4. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan adonan tersebut di kulkas dan tinggal tambahkan air serta dipanaskan ulang kalau mengeras.

Meskipun cukup repot dalam membuat playdough yang awet, akan tetapi jadinya tidak banyak terigu terbuang karena playdough ini bisa digunakan berkali-kali. Selain itu, adonan ini juga aman dimakan karena terbuat dari bahan makanan.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Playdough dari Tepung

Cara Membuat Playdough © Diadona

Selain cara di atas, kamu juga bisa mempraktikkan cara membuat playdough dari tepung sebagai opsi lainnya untuk mainan anak. Untuk itu, yuk simak langsung ulasan di bawah ini.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan:

- Pewarna makanan
- 1/2 cangkir garam
- 2 cangkir tepung terigu
- 1 1/2 cangkir air mendidih
- 2 sendok makan minyak sayur
- 2 sdm cream of tartar (bisa giganti dengan baking powder)

Cara membuatnya:

1. Cara membuat playdough dari tepung yang pertama adalah panaskan air hingga mendidih, lalu campurkan cream of tartar, tepung terigu, garam, dan minyak dalam wadah.

2. Masukkan air panas secara bertahap sampai adonan mencapai kekentalan yang pas. Konsistensi adonan bisa dikatakan cukup kalau adonan sudah kalis.

3. Langkah selanjutnya dalam cara membuat playdough dari tepung yaitu gulung dan remas-remas adonan sampai kalis, kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian.

4. Buatlah lubang di tengahnya dan teteskan pewarna makanan sesuai selera, setelah itu gulung-gulung adonan sampai warna tercampur rata.

5. Simpan playdough du tempat yang kedap udara sebagai langlah terakhir dalam membuat playdough dari tepung. Selesai. Gampang kan?

Itulah cara membuat playdough rumahan dari tepung yang mudah dipraktikkan bersama keluarga. Selamat mencoba!

Beri Komentar