Cara Membuat Mainan dari Barang Bekas, Patut Dicoba di Rumah untuk Mengasah Kreativitas si Kecil

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 3 September 2020 08:59
Cara Membuat Mainan dari Barang Bekas, Patut Dicoba di Rumah untuk Mengasah Kreativitas si Kecil
Tak perlu mahal, karena kamu bisa belajar cara membuat mainan dari barang bekas untuk si kecil.

Sebagai orangtua, tidak dipungkiri kalau anak minta mainan pasti akan dibelikan. Bahkan, untuk membeli mainan anak kamu sampai rela merogoh kocek sebanyak mungkin.

Nah, daripada pengeluaran setiap bulan membengkak, karena membeli mainan si kecil yang harganya lumayan mahal. Alangkah baiknya kalau mulai sekarang belajar cara membuat mainan anak dari barang bekas.

Mungkin selama ini kamu hanya memandang sebelah mata barang-barang bekas yang ada di rumah, padahal barang bekas tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai kerajinan tangan yang unik.

Penasaran bagaimana cara membuat mainan dari barang bekas untuk mainan si kecil? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Mainan dari Barang Bekas yang Bisa Bergerak

Cara Membuat Mainan dari Barang Bekas © Diadona

Mengajak si kecil untuk membuat kerajinan tangan tentu saja akan membantu mengasah kreativitas pada anak. Sebab, dalam hal ini kamu akan membebaskan kepada mereka untuk membuat karya seni yang bisa dimainkan. Apa itu? Yaps, cara membuat mainan dari barang bekas yang bisa bergerak.

Selain untuk mengasah kreativitas pada anak, cara membuat mainan dari barang bekas ini bisa dijadikan hobi baru yang memiliki nilai jual tinggi, lho! Menarik kan? Untuk itu, ikuti terus rangkaiannya berikut ini.

1. Boneka Tali Berbentuk Anjing

Tahap pertama cara membuat mainan dari barang bekas ialah membuat boneka tali berbentuk anjing. Pada langkah ini, kamu hanya perlu menyiapkan 2 tabung panjang bekas tisu toilet, lem, gunting, cat, benang, sedota, 2 mata boneka, serta 2 stik es krim.

Cara membuatnya:

- Pertama, cat tabung bekas tisu toilet lalu tunggu hingga kering. Kemudian, potong satu tabung sampai menjadi dua bagian yang digunakan sebagai kepala dan telinga.

- Cara membuat mainan dari barang bekas yang bisa bergerak selanjutnya adalah buat dua buah telinga berbentuk memanjang, cat bagian atasnya lalu tempelkan pada satu sisi telinnga di atas kepala sampai keduanya menempel.

- Masukkan sebagian kecil telinga ke dalam kepala supaya telinganya tetap terlihat naik. Kemudian, tempelkan dua stik eskrim sampai membentuk salib lalu sisihkan sebentar.

- Setelah itu, cara membuat mainan dari barang bekas berikutnya adalah buat empat lubang di bagian bawah tubuh untuk kaki lalu jahit dua potong benang melalui lubang-lubang kaki dan tambahkan sedotag yang sudah dipotong bagian lekuknya sebagai kaki.

- Ikat benang pada setiap ujungnya. Pada bagian atas tabung, buat dua lubang lalu masukkan benang melalui lubang tersebut dan sambungkan melalui kepala kemudian ikat benang pada stik eskrim dengan bentuk menyilang.

- Langkah terakhir cara membuat mainan dari barang bekas yang bisa bergerak selanjutnya ialah rekatkan sedotan yang sudah dipotong pada bagian belakang untuk menjadi ekor, lalu tempelkan stiker kertas bulat dan mata boneka. Selesai.

2 dari 3 halaman

2. Mobil Balon

Cara Membuat Mainan dari Barang Bekas © Diadona

Selain menjadikan bentuk boneka tali berbentuk anjing, cara membuat mainan dari barang bekas lainnya juga bisa menghasilkan mobil balon, lho!

Alat dan bahan yang perlu disiapkan:

- 3 buah sedotan (dua sedotan dipotong sepanjang satu inci, dan sedotan lainnya biarkan ukuran penuh)
- Tabung tisu toilet
- Dua tusuk sate dari kayu (potong sepanjang 4 inci)
- Lakban
- Karet
- Kuas
- Gunting
- Cat
- 4 buah tutup botol selai dengan ukuran yang sama

Setelah semua alat dan bahan disiapkan, sekarang kamu bisa memulai cara membuat mainan dari barang bekas di rumah bareng si kecil.

- Langkah pertama cara membuat mainan mobil dari barang bekas adalah cat bagian luar tabung dan tunggu hingga mengering. Kemudian, buat lubang di bagian tengah dari tutup botol dengan pushpin, lalu letakkan tusuk sate pada 1 potongan pendek sedotan untuk dijadikan roda dan poros.

- Gunakan selotip untuk menempelkan sedotan ke bagian bawah tabung, lalu tempelkan roda pada bagian samping tabung. Kemudian, gunakan karet gelang untuk menempelkan balon pada ujung sedotan.

- Cara membuat mainan dari barang bekas berikutnya adalah gunakan karet gelang untuk menempelkan balon pada ujung sedotan. Ohya, kamu harus mampu meniup balon melalui sedotan agar balon bisa mengembang.

- Terakhir, tempelkan balin dan sedotan ke atas mobil. Taraaa! Mainan mobil dari sedotan pun siap digunakan. Gimana, gampang kan cara membuat mainan dari barang bekas?

3 dari 3 halaman

3. Kincir Angin

Cara Membuat Mainan dari Barang Bekas © Diadona

Hasil karya seni yang memanfaatkan barang-barang bekas selanjutnya adalah kincir angin untuk mainan anak-anak dan hiasan di rumah. Tapi, bagaimana cara membuat mainan dari barang bekas yang satu ini? Tenang saja, nggak usah khawatir. Kamu hanya ikuti terus tips di bawah ini.

Sebelum membuat kincir angin, adapun alat dan bahan-bahan yang perlu kamu siapkan ialah 2 tabung tisu toilet, lem, cat, kertas berwarna, gunting, 4 stik eskrim, kotak berbentuk bulat lonjong bekas Springles, dan 1 paku tanpa kepala.

Cara membuatnya:

- Tahap pertama cara membuat mainan dari barang bekas ialah potong setiap tabung di bagian tengah dengan ukuran sama panjang, lalu beri cat dan tunggu mengering untuk menghasilkan pisau kincir angin.

- Selanjutnya, buat gambar pada bagian depan dengan potong tabung, lalu tempelkan stik eskrim di setiap mata pisau kincir. Kemudian, lem mata pisau kincir pada kotak Springles, dan buat sebuah ruang di bagian tengah untuk paku.

- Cara membuat mainan dari barang bekas berikutnya ialah cat badan kincir dan biarkan kering, lalu buat lubang pada sepanjang sisi badan kincir dari atas hingga bawah.

- Kemudian, masukkan paku ke bagian tengah mata pisau kincir yang sudah ditempelkan pada badan kincir. Lalu, gunakan pisau ukir untuk membuat jendela dan pintu.

- Tahap terakhir cara membuat mainan dari barang bekas adalah buat kerucut dari kertas berwarna dan tempelkan di bagian atas badan kincir dengan lem atau lakban. Selesai.

Itulah cara membuat mainan dari barang bekas yang bisa kamu praktikkan di rumah bareng keluarga saat liburan akhir pekan. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar