Cara Membuat Lampion Terbang Sederhana yang Bisa Dijadikan Mainan Bareng Keluarga Saat Liburan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 27 Agustus 2020 09:30
Cara Membuat Lampion Terbang Sederhana yang Bisa Dijadikan Mainan Bareng Keluarga Saat Liburan
Inilah cara membuat lampion terbang di rumah dengan mudah dan simple.

Seperti yang diketahui, lampion terbang mirip dengan balon udara kecil yang terbuat dari kertas minyak dan sumber api sederhana. Sehingga, lampion terbang seringkali diterbangkan pada malam hari agar terlihat lebih menarik.

Oleh karena itu, tak ada salahnya kalau kamu mengetahui cara membuat lampion terbang sendiri. Selain lebih hemat, kamu pun juga bisa membuatnya sewaktu-waktu di saat jenuh atau bosan ditengah padatnya aktivitas.

Nah, biar nggak semakin penasaran langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membuat lampion terbang yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampion Terbang Sederhana

Cara Membuat Lampion Terbang © Diadona

Bisa membuat lampion bersama anak-anak dan menerbangkannya merupakan momen yang tak akan pernah terlupakan. Gimana enggak, kamu bisa melihat lampion terbang sendirian saja sudah senang, apalagi bersama anak-anak.

Nah, untuk mengingat momen yang sangat berharga itu, apa salahnya kalau kamu meluangkan sedikit waktu dan tenaga untuk belajar cara membuat lampion terbang sederhana di rumah dengan menggunakan bahan dan alat-alat yang mudah di dapatkan.

Alat dan Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan:

- Kertas Minyak
- Aluminium Foil
- Sedotan plastik yang tebal dan tipis
- Kapas
- Selotip Transparan
- Kawat tembaga
- Aseton atau bahan bakar lainnya
- Paku payung
- Mangkuk
- Gunting
- Lem
- Pisau

2 dari 4 halaman

Setelah semua alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan telah disiapkan, berikut cara membuat lampion terbang yang sederhana dan simple.

1. Membuat Bagian Pembakar

Langkah pertama cara membuat lampion terbang ialah kamu harus membuat pembakarnya terlebih dahulu yang berfungsi untuk membuat lampion terbang ke udara.

Caranya, potong selembar aluminium foil sesuai ukuran yang dibutuhkan, lalu gunakan wadah kecil seperti tempat lilin dan bentuk aluminium foil mengikuti wada tersebut. Jangan lupa diberi kapas sebagai sumbu untuk pembakar, sedangkan untuk menyalakannya kamu bisa menggunakan aseton atau jenis bahan bakar lainnya.

2. Membuat Lampion

Setelah membuat 'kompor', langkah selanjutnya dari cara membuat lampion terbang adalah membuat badan lampion dengan kertas minyak.

Caranya, lipat kertas minyak persegi panjang menjadi dua bagian panjang yang simetris dengan bantuan penggaris supaya kertas menjadi bentuk segi lima. Kemudian, potong kertas minyak dan buat empat potong serupa dan gabungkan keempat kertas minyak berbentuk segi lima lalu rekatkan dengan lem hingga membentuk struktur seperti tas.

3 dari 4 halaman

3. Persiapkan Bingkai untuk Pembakar

Cara Membuat Lampion Terbang © Diadona

Cara membuat lampion terbang berikutnya adalah dengan membuat kerangka bingkai untuk pembakar.

- Pertama, potong sedotan tebal menjadi empat bagian, dan kemudian potong sedotan tipis menjadi empat bagian dengan panjang yang sama.

- Cara membuat lampion terbang salnjutnya ialah atur empat sedotan tebal menjadi bentuk persegi, lalu rekatkan di setiap sudut dan unakan potongan sedotan tipis di sudut untuk menempelkan potongan sedotan tebal.

- Setelah itu, gunakan pita perekat transparan untuk mengamankan bingkai supaya tidak mudah lepas. Kemudian, tusuk empat lubang kecil di pembakar menggunakan paku payung dan masukkan dua kawat tembaga ke dalam lubang yang dibuat di pembakar.

- Cara membuat lampion terbang berikutnya ialah ikat kawat tembaga ke rangka sedotan yang sudah dibuat sebelumnya, lalu amankan kawat menggunakan selotip.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampion Terbang © Diadona

- Selanjutnya, ambil lampion dan letakkan di atas kerangka pembakar. Ohya, dalam tahap ini kamu harus hati-hati janga sampai merobek tepinya lalu tempelkan di sudut dengan selotip.

- Kalau sudah tertempel, cara membuat lampion terbang berikutnya adalah kamu bisa menambahkan kertas minyak lain sebagai sirip kecil di sudut bawah lampion.

Hal ini berfungsi untuk memberikan sentuhan akhir yang bagus sekaligus memberikan peningkatan keseimbangan saat terbang di udara.

- Setelah lampion dan kerangka menyatu, kamu sudah bisa menerbangkannya deh. Bawa ke luar ruangan, aplikasikan api dengan hati-hati dari korek api ke kapas pembakar sambil memegangnya di tangan, dan tunggu api mengembangkan cukup udara panas di dalam lampion untuk terbang. Selesai.

Itulah cara membuat lampion terbang yang sederhana dan mudah untuk hiburan di akhir pekan. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar