Cara Membuat Kapal dari Kertas Lipat dan Origami dengan Mudah, Cocok untuk Mainan Anak

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 24 September 2020 07:22
Cara Membuat Kapal dari Kertas Lipat dan Origami dengan Mudah, Cocok untuk Mainan Anak
Inilah cara membuat kapal dari kertas, mudah dipraktikkan bareng si kecil saat liburan akhir pekan.

Seperti yang diketahui, anak-anak di usai dini tentu sangat menyukai yang namanya mainan. Mulai dari mainan kayu hingga mainan dari kertas. Memanfaatkan selembar kertas ternyata kamu bisa jadikan sebuah mainan dengan bentuk kapal.

Selain itu, cara membuat kapal dari kertas juga sangat mudah dipraktikkan oleh siapa saja karena alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu rumit. Bahkan, hal ini juga membantu kamu dalam mengasah kreativitas si kecil.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mencoba cara membuat kapal dari kertas, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Kapal dari Kertas Lipat

Cara Membuat Kapal dari Kertas © Diadona

Kertas lipat apa yang paling mudah dibuat? Mungkin beberapa dari kalian akan menjawab kapal. Tapi sepertinya kamu udah lupa bagaimana cara membuat kapal dari kertas lipat. Nggak usah khawatir, berikut langkah membuat perahu dari kertas yang bisa kamu coba di rumah.

1. Cara membuat kapal dari kertas lipat yang pertama adalah siapkan selembar kertas berbentuk persegi panjang, dan letakkan secara memanjang dengan sisi yang lebih panjang terletak di samping kanan dan kiri.

2. Kemudian, lipat menjadi dua sama panjang dari atas ke bawah, sehingga lipatan tersebut terletak di bagian " atas" kertas.

3. Setelah itu, cara membuat kapal dari kertas lipat berikutnya adalah satukan sisi kanan dan kiri kertas, kemudian buka lipatannya. Garis lipatannya akan kamu gunakan sebagai penanda garis tengah.

4. Sekarang, kamu kembali ke langkah 2, dengan kertas yang dilipat menjadi dua dari atas ke bawah, namun dengan garis lipatan di tengahnya. Ohya, buatlah lipatan selurus dan serapi mungkin ya, guys.

5. Pegang sudut atas kertas dan lipat ujungnya ke bawah mengarah ke tengah. Ujung atas kertas harus sejajar dengan garis tengah lipatan.

6. Kalau sudah, ulangi langkah di atas pada sudut yang lain dengan cara yang sama, yaitu menyejajarkannya dengan garis tengah. Nantinya, bentuk kertas akan menyerupai " rumah" dengan garis atap yang " lebar" di atas persegi panjang selebar 2,5 cm. 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Kapal dari Kertas © Diadona

7. Tahap berikutnya dalam cara membuat kapal dari kertas lipat ialah ambil sudut bawah lembaran persegi panjang kertas dan lipat ke atas. Pastikan lipat setinggi atap rumah, tanpa melipat kertas di bawahnya.

8. Ulangi lipatan yang terakhir denga lipat memanjang lembaran persegi panjang sebaliknya di bawah atap " rumah" . Pastikan kedua lembaran tersebut sejajar, dengan melipatnya secara simetris.

9. Cara membuat kapal dari kertas lipat selanjutnya yaitu pegang di titik pertemuan garis lipatan diagonal. Buka topi kertas sedikit dan pertahankan kedua ujungnya di garis lipatan diagonal.

10. Tarik ujung kertas dengan lembut lalu ratakan topi kertas. Kamu sekarang akan memperoleh selembar kertas berbentuk wajik. Setelah itu, ambil sudut bawah wajik dan lipat ke atas. Sisakan celah sekitar 0,65 cm di antara ujung atasnya dengan lipatan laku balik kertas.

11.  Lipat bagian dasar ke atas hingga sejajar dengan sisi sebaliknya. Buat lipatan yang sama seperti langkah sebelumnya kemudian tarik ke arah yang berlawanan dan ratakan. Mirip seperti langkah 10.

12. Langkah terakhir dalam cara membuat kapal dari kertas lipat adalah tarik ke arah yang berlawanan perlahan-lahan. Bagian dasar kertas akan membalik dengan sendirinya. Selesai.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kapal dari Kertas Origami

Cara Membuat Kapal dari Kertas © Diadona

Perahu kertas merupakan mainan yang sangat simple dan populer dikalangan anak. Pasalnya, perahu kertas ini bisa mengapung dan berjalan mengikuti arus air meskipun bersifat sementara. Sehingga, tak heran kalau mainan perahu kertas ini sangat digemari oleh anak-anak.

Tak hanya itu saja, cara membuat kapal dari kertas origami ini juga sangat mudah dilakukan. Untuk itu, bagi para orang tua yang akan mengajarkan dalam membuat mainan perahu kertas, yuk simak ulasannya berikut ini.

Sebelum mulai cara membuat kapal kertas origami, kamu harus menyediakan alat dan bahannya terlebih dahulu, yakni cukup menyediakan selembar kertas berukuran A4. Setelah itu ikut langkah-langkahnya di bawah ini.

- Langkah pertama cara membuat kapal dari kertas origami adalah letakkan kertas di permukaan yang rata, lalu lipat menjadi dua bagian sama besar dari sisi memanjang.

- Setelah itu, ambil titik tengahnya dan lipat secara diagonal hingga membentuk mirip bentuk segitiga yang memiliki lebihan kertas dibawahnya.  Kemudian, lipat masing-masing lebihan kertas secara berlawanan ke arah atas.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Kapal dari Kertas © Diadona

- Cara membuat kapal dari kertas origami selanjutnya yaitu lipat masing-masing ujung kertas yang bisa dilipat seperti langkah di atas, hingga membentuk segitiga penuh.

- Kalau sudah, buka bagian bawah yang beronga dan tarik sampai berbentuk belah ketupat. Lalu lipat kembali masing-masing ujungnya ke atas secara berlawanan dengan memotong garis diagonal serta hingga membentuk segitiga penuh lagi.

- Selanjutnya, cara membuat kapal dari kertas origami adalah buka kembali dan tarik ujung bagian kertas yang berongga hingga membentuk pola belah ketupat lagi.

- Terakhir, tarik masing-masing lipatan sudut kertas ke arah berlawanan lalu buka sisi-sisi yang berongga. Violaa, mainan kapal buatanmu siap digunakan. Gimana? Gampang kan cara membuat kapal dari kertas origami?

Itulah uraian mengenai cara membuat kapal dari kertas. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa menerapkannya dengan mudah. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Beri Komentar