Beberapa Penyebab Anak Tak Mau Mendengarkan Orang Tua

Reporter : Riza Umami
Kamis, 27 Mei 2021 20:17
Beberapa Penyebab Anak Tak Mau Mendengarkan Orang Tua
Anak tak mau mendengarkan perkataan Mom? Bisa jadi karena hal berikut ini.

Membesarkan dan mendidik anak mungkin terkadang terasa sulit apalagi kalau buah hati tak mau mendengarkan perkataan dan nasihat dari orang tuanya. Anak mungkin malah membangkang dan melawan orang tuanya.

Sebenarnya, apa hal-hal yang bisa menyebabkan anak sampai tak mau mendengarkan perkataan dan nasihat orang tuanya seperti ini? Dilansir dari laman klikdokter.com, berikut ini beberapa penyebab yang mengakibatkan anak tak mau mendengarkan orang tuanya.

1 dari 2 halaman

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © Shutterstock

Yang pertama yaitu ibu berbicara terlalu panjang. Hal yang paling membosankan bagi anak adalah saat dia harus mendengarkan ocehan panjang lebar dari orang tuanya. Bukannya didengerin, yang ada anak malah jengkel dan hanya akan masuk kuping kanan lalu keluar kuping kiri. Oleh sebab itu, baiknya Mom menasehati anak secukupnya saja dan tak terlalu lama.

Yang berikutnya, terlalu sering mengulang. Ibu pun perlu hati-hati dengan kalimat pendek yang diulang-ulang. Di awal mungkin anak mau mendengarkan dan mematuhinya. Namun, kalau terus diulang-ulang anak hanya akan merasa Mom terlalu cerewet sehingga perkataan itu tak diindahkan oleh anak dan hanya dianggap angin lalu saja.

2 dari 2 halaman

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © Shutterstock

Yang selanjutnya yaitu terlalu sering berteriak pada anak. Terlalu sering berteriak pada buah hati, tentu tak akan bagus untuknya. Anak tentu akan sebal saat diteriaki terus oleh orang tuanya sehingga dia jadi tak mau mendengarkan Mom dan lebih memilih untuk menutup telinganya.

Kemudian yaitu orang tua mungkin juga tak pernah mau mendengarkan anaknya. Anak sebenarnya banyak mencontoh dan meniru perbuatan orang tuanya. Kalau Mom mau didengarkan oleh anak, tentu ibu pun harus mau mendengarkan perkataan atau keinginan buah hati. Jangan hanya memaksakan keinginan sendiri tanpa memikirkan perasaan mereka. Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anak tak mau mendengarkan orang tua. Semoga cukup membantu.

Beri Komentar