Beberapa Aturan Saat Bermain Bersama Buah Hati

Reporter : Riza Umami
Rabu, 23 Juni 2021 19:17
Beberapa Aturan Saat Bermain Bersama Buah Hati
Wah, ternyata ada aturannya nih Mom. Apa aja ya kira-kira?

Untuk mengisi waktu luang buah hati, ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan bersama ibu, salah satunya yaitu bermain. Bermain dengan menggunakan barang-barang yang nyata seperti ini pun bisa memberikan pengaruh yang positif terhadap tumbuh kembang anak.

Namun, ternyata ada hal yang perlu ibu perhatikan ketika bermain bersama dengan si kecil karena ternyata tak bisa sembarangan. Hal ini disebabkan karena sebenarnya lewat bermain ini, anak belajar tentang banyak hal seperti bersosialisasi dengan orang lain, melatih kreativitas dan eksplorasi.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Dilansir dari unggahan di akun Instagram @parentalk.id, berikut ini beberapa aturan yang perlu orang tua perhatikan ketika bermain bersama buah hati.

Yang pertama yaitu jangan menginterupsi anak yang sedang berkonsentrasi ketika sedang bermain. Ada beberapa permainan yang memang membutuhkan kemampuan berkonsentrasi seperti main puzzle atau yang lainnya. Kalau anak lagi konsen, sebaiknya jangan diganggu ya Mom.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak di Jepang © Diadona

Aturan yang kedua yaitu jika diajak main oleh anak, mulailah dari aktivitas yang memang mereka pilih sendiri. Terkadang, anak lama-lama akan jadi asyik sendiri waktu main. Di saat inilah, ibu bisa mundur perlahan dan berikan anak untuk bermain.

Yang ketiga, bila anak sudah lebih besar dan mulai bosan dengan permainan yang itu-itu saja, ibu tak perlu melulu harus menyediakan mainan untuk buah hati. Biarkan kebosanan ini menjadi sumber kreativitas anak dengan bermain menggunakan barang-barang yang ada di sekitarnya.

3 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Yang keempat, ibu bisa sesekali gantian mengajak buah hati melakukan kegiatan yang kita inginkan misalnya menggambar, membaca, pergi ke luar, bermain permainan yang sudah kita siapkan atau lain sebagainya.

Yang kelima, sebenarnya ibu tak perlu membelikan anak terlalu banyak mainan karena buah hati pun seperti orang dewasa yang bisa bingung kalau terlalu banyak pilihan. Cukup belikan yang memang perlu dan baik untuk perkembangan anak.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Yang terakhir yaitu anak-anak senang bermain bahkan belajar banyak dengan teman bermain dari usia berapa saja. Jadi, tak perlu takut kalau buah hati lebih senang bermain dengan teman sebayanya daripada dengan orang tuanya.

Itulah beberapa aturan yang bisa ibu lakukan ketika sedang bermain bersama dengan buah hati. Semoga ulasan ini cukup bermanfaat dan selamat bermain bareng anak ya Mom.

Beri Komentar