5 Kemampuan Penting yang Bisa Bantu Remaja Raih Kesuksesan

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 16 Februari 2021 07:37
5 Kemampuan Penting yang Bisa Bantu Remaja Raih Kesuksesan
Yuk, bantu anak mewujudkan mimpinya!

Kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup adalah harapan dari setiap orang tua pada anak mereka. Siapa sih yang nggak ikut senang saat anak bisa hidup bahagia dan jadi orang sukses?

Meski anak punya hak untuk menentukan jalan hidup mereka sendiri, tapi kita sebagai orang tua juga bisa ikut membantu anak meraih kesuksesan lho. Hal ini mungkin sedikit sulit saat anak sudah beranjak remaja.

Seperti yang kita ketahui, remaja biasanya penuh tantangan dan percaya bahwa mereka tahu segalanya. Tapi sebagai orang tua, kita masih punya kewajiban untuk membesarkan dan mengantarkan mereka pada kesuksesan di masa depan.

Untuk itu, dilansir dari Moms.com, kita perlu mengetahui kemampuan-kemampuan yang bisa membantu remaja untuk meraih kesuksesan. Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 5 halaman

Evaluasi Diri

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Mau nggak mau, beberapa perubahan memang pada akhirnya harus dilakukan untuk bisa sukses dalam hidup. Dalam kebanyakan kasus, evaluasi diri merupakan langkah penting menuju kesuksesan.

Evaluasi diri ini tentu nggak bisa terjadi hanya dalam semalam dan sebagai orang tua, kita bisa membantu anak untuk melakukan evaluasi diri dan membuat perubahan melalui pengamatan harian atau mingguan. Setelah anak bisa memeriksa perilakunya, kita bisa membantu mereka menentukan tindkaan mana yang sesuai untuk tujuan mereka.

2 dari 5 halaman

Menetapkan Tujuan

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Agar anak bisa menjadi orang sukses, mereka perlu belajar cara menetapkan tujuan. Penetapan tujuan membantu membentuk masa dengan anak secara jelas dan nyata.

Kita bisa mengajari anak cara menetapkan tujuan yang mudah dicapai dengan menetapkan parameter. Selain itu, kita juga harus mendorong anak untuk menuliskan tujuannya karena menulis biasanya bisa membantu anak mengingat hal itu.

3 dari 5 halaman

Belajar dari Kesalahan

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Orang yang paling disiplin dan pekerja keras bahkan bisa membuat kesalahan dalam hidupnya. Makanya anak juga harus paham bahwa kesalahan bisa terjadi dalam proses meraih kesuksesan.

Kita harus mendorongnya untuk menemukan cara belajar dari kesalahan. Dari hal ini, mereka pada akhirnya akan tumbuh dan lebih bisa mengatasi masalah yang dihadapi di masa depan.

4 dari 5 halaman

Fokus ke Depan

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Anak-anak perlu tahu bagaimana caranya fokuas pada masa depan. Nggak peduli apa yang terjadi atau kesalahan yang diperbuat, anak perlu tetap memperhatiakan dan fokus pada apa yang ada di depan.

Kita bisa mengajari hal ini dengan memodelkannya dalam perilaku kita sendiri. Kita bisa mempraktikannya dengan menunjukkan ketahanan dalam menghadapi masalah sambil berproses bersama-sama.

5 dari 5 halaman

Gunakan Pola Pikir Pertumbuhan

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Dengan pola pikir berkembang, kemampuan anak akan ikut berkembang melalui dedikasi dan kerja keras. Pola pikir berkembang lebih fokus pada ketahanan dan ketekunan.

Pola pikir ini akan membantu anak meraih kesuksesan. Dia juga akan lebih mudah mengatasi kesulitan yang menghadang untuk menjadi sukses.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar