Anak Syahnaz Sadiqah Ngempeng Kaki Boneka dan Curi Perhatian, Apakah Bahaya?

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 18 November 2020 12:37
Anak Syahnaz Sadiqah Ngempeng Kaki Boneka dan Curi Perhatian, Apakah Bahaya?
Kelebihan dan kekurangan kebiasaan ngempeng pada bayi.

Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda sedang menikmati masa-masa bahagia menjadi orang tua. Keduanya dikaruniai dua orang bayi kembar laki-laki dan perempuan yang diberi nama Zayn dan Zunaira.

Kehadiran Zayn dan Zunaira tentu membuat kehidupan Syahnaz dan Jeje menjadi semakin lengkap. Sejak lahir bahkan dua anak kembar ini langsung ramai dibicarakan oleh masyarakat karena kelucuan mereka.

Baru-baru ini, Syahnaz mengunggah foto saat Zayn sedang ngempeng kaki boneka di akun Instagramnya. Foto itu kemudian mencuri perhatian netizen.

1 dari 4 halaman

Zayn ngempeng kaki boneka

      View this post on Instagram

A post shared by Syahnaz Sadiqah (@syahnazs)

Dalam postingan Syahnaz, terlihat Zayn tengah tertidur sampil ngempeng kaki boneka gajah miliknya. Syahnaz pun menuliskan bahwa dirinya merasa heran karena kebanyakan bayi lain ngempeng menggunakan dot. Sementara Zayn malah hanya mau ngempeng kaki boneka miliknya.

"Zaynnnnn, bayi lain mah kalo ngempeng yang di sedot si dotnyaaaa, ini mah malah kaki bonekanya... kalo diarahin ke dotnya nangis gamau dia tuker lagi ke kaki bonekanya hahahaha ampunnn kelakuannnn ni bayiii," tulis Syahnaz.

2 dari 4 halaman

Kebiasaan ngempeng pada bayi

Anak Ngempeng © Diadona

Ngempeng merupakan salah satu kebiasaan yang dimiliki bayi untuk mengisap sebuah benda. Biasanya banyak bayi yang senang mengisap dot.

Dilansir dari Alodokter, ternyata bayi sudah punya kebiasaan ini sejak dalam kandungan lho. Mereka senang mengisap jari tangannya di dalam kandungan.

Kebiasaan ini adalah refleks alami pada bayi yang menunjukkan kemampuan mengisapnya. Jadi ngempeng cukup umum terjadi pada bayi kok, Moms!

3 dari 4 halaman

Kelebihan dan kekurangannya

Anak Ngempeng © Diadona

Kebiasaan ngempeng ini menimbulkan pro dan kontra di tengah para ibu-ibu. Banyak yang setuju bahwa ngempeng memberikan manfaat untuk bayi. Sementara yang lainnya merasa bahwa kebiasaan ini nggak boleh dibiarkan.

Untuk itu, berikut kelebihan dan kekurangan ngempeng yang perlu kita ketahui.

Kelebihan ngempeng

1. Menenangkan bayi
2. Membuat bayi merasa aman
3. Membantu bayi cepat tidur
4. Mengalihkan perhatian bayi
5. Meningkatkan kemampuan bayi untuk menyusu
6. Menghalangi bayi tidur tengkurap

4 dari 4 halaman

Anak Ngempeng © Diadona

Kekurangan ngempeng

1. Pemberian terlalu dini membuat bayi nggak terbiasa dengan bentuk puting payudara sehingga menghambat proses menyusui
2. Bisa memicu risiko infeksi telinga karena mengisap empeng bisa menarik cairan dari kerongkongan ke saluran tengah telinga
3. Meningkatkan risiko kerusakan gigi
4. Membuat bayi ketergantungan

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

 

Beri Komentar