Anak Remaja Jangan Dipaksa, Lakukan Ini Agar Dia Menurut

Reporter : Riza Umami
Kamis, 11 Maret 2021 08:17
Anak Remaja Jangan Dipaksa, Lakukan Ini Agar Dia Menurut
Cara mudah agar anak remaja mau nurut ke ibu.

Membesarkan anak remaja memang bukanlah hal yang mudah apalagi kalau anak susah banget dibilangin oleh orang tua. Meski ibu menasehati atau bahkan memarahinya sampai berulang kali, belum tentu didengarkan oleh anak. Bahkan mungkin nasihat itu hanya akan masuk kuping kanan dan keluar kuping kiri alias sama sekali gak didengerin anak.

Lantas, harus dengan cara apa lagi agar anak ini mau nurut ke ibu? Sebenarnya memaksa anak remaja untuk melakukan ini dan itu tak terlalu efektif sekarang karena ada saja alasan yang digunakan anak untuk membantah perkataan ibu tersebut.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak Remaja © Diadona

Seorang konselor anak dan pernikahan yang juga founder dari @mamalyfe.id yaitu Rensia Sanvira membagikan cara mudah agar anak remaja mau nurut ke ibu ketika disuruh untuk melakukan sesuatu melalui akun TikTok-nya yaitu @rensiasanvira.

Sebelumnya, dia menjelaskan bahwa anak remaja ini tak bisa dipaksa apalagi ketika ibu mengatakan, " pokoknya kamu harus nurut" . Daripada seperti itu, ibu harus memberikan alasan yang masuk akal ke anak mengapa hal itu penting untuk mereka lakukan dan alasan itu pun harus sesuai dengan logika berpikir anak.

2 dari 3 halaman

Sebagai contoh ibu ingin anaknya makan dengan teratur setiap hari supaya sehat. Ketika ibu mengatakan, " ayo makan dengan teratur supaya kamu sehat," perkataan seperti itu tidak akan masuk untuk anak karena bagi anak remaja terutama perempuan, sehat itu bukanlah hal yang penting, tetapi yang lebih penting adalah supaya terlihat kurus.

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Anak remaja sekarang melihat teman-temannya pada langsing-langsing, di media sosial pun orang cantik itu identik yang badannya langsing. Anak pun pasti juga ingin langsing seperti orang-orang tersebut, dia ingin terlihat kurus di depan teman-temannya.

3 dari 3 halaman

Jadi, ketika ibu menggunakan alasan sehat, itu tak akan didengarkan oleh anak. Oleh sebab itu, ibu harus mencari alasan yang pas dan sesuai dengan pemikiran anak. Setiap anak tentu berbeda-beda sehingga alasannya pun juga harus bergantung pada masing-masing anak, apa yang penting bagi mereka.

Untuk anak yang ingin terlihat kurus, berikan alasan bahwa makan teratur itu tidaklah apa-apa hanya saja porsinya perlu dikurangi bila ingin menurunkan berat badan. Ajarkan anak pola makan yang benar dan walaupun cara ini tidak instan tetapi berat badan pasti akan berangsur turun. Dengan alasan yang logis untuk anak seperti ini, mereka akan menuruti perkataan ibu tanpa perlu dipaksa atau dimarahi. Semoga membantu.

@rensiasanvira

daripada maksa2.. lebih baik lakukan hal ini???????? | IG : @rensia_sanvira ##parentsoftiktok ##parentingtips ##parentinghacks ##remaja

? Lobby Music (Original Soundtrack) - Kahoot!

Beri Komentar