Bagaimana Cara Mengajari Anak Berhitung yang Menyenangkan?

Reporter : Riza Umami
Jumat, 5 Maret 2021 19:17
Bagaimana Cara Mengajari Anak Berhitung yang Menyenangkan?
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berhitung merupakan salah satu pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh anak karena akan sangat berguna di masa sekolah dan untuk hidupnya sampai seterusnya nanti apalagi kemampuan untuk menghitung uang.

Dilansir dari laman orami.co.id, tentu Mom ingin menstimulasi anak agar bisa berhitung dengan baik. Biasanya, mereka mulai bisa mengenal angka dari usia dua sampai tiga tahun.

Ilustrasi Anak Belajar Berhitung Pakai Jari

1 dari 3 halaman

Lalu, saat anak sudah berusia di atas tiga tahun, mereka pun biasanya sudah bisa belajar berhitung. Pada usia empat sampai enam tahun, anak sudah bisa berhitung dengan lengkap. Pada masa itulah, Mom perlu memberikan stimulasi yang tepat dalam mengajarkan anak berhitung.

Ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mengajari anak berhitung, salah satunya yaitu berhitung dengan jari. Metode ini adalah yang paling sederhana tetapi ternyata sangat efektif untuk anak. Pertama-tama, ibu bisa mengajari anak berhitung dengan menggunakan jarinya.

2 dari 3 halaman

Cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan games atau nyanyian yang tentu akan terasa lebih menyenangkan dan menarik untuk anak. Ada banyak macam permainan berhitung yang bisa Mom lakukan misalnya ketika anak menyendok makanannya di piring, hitung tiap sendok makanan yang masuk ke mulut anak atau bisa juga jenis permainan lainnya.

Ilustrasi Anak Belajar Berhitung Pakai Jari © Diadona

Berikutnya yaitu belajar berhitung sambil membaca buku. Gunakan buku-buku berwarna dan bergambar yang akan lebih mudah menarik perhatian anak. Cari buku yang memang digunakan anak untuk belajar berhitung. Tentunya, Mom perlu mendampingi anak saat dia belajar berhitung dari buku seperti ini.

3 dari 3 halaman

Terakhir, gunakan warna-warna untuk mengajari anak berhitung. Mom bisa membelikan anak buku mewarnai yang berisi angka-angka di mana dirinya bisa mewarnai buku tersebut sembari belajar tentang angka. Pasti kegiatan yang satu ini akan terasa sangat seru untuk buah hati.

Nah, itulah beberapa cara menyenangkan yang bisa ibu lakukan untuk mengajari anak berhitung. Yang tak kalah penting juga yaitu Mom perlu konsisten dalam mengajari anak berhitung agar dia pun bisa segera menguasai kemampuan dasar yang satu ini. Selamat mencoba ya.

Beri Komentar