8 Amalan di Malam Lailatul Qadar untuk Mencapai Kemuliaan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 30 April 2020 20:48
8 Amalan di Malam Lailatul Qadar untuk Mencapai Kemuliaan
Amalan di malam Lailatul Qadar disebut memiliki keutamaan yang tinggi. Masak sih kamu mau menyia-nyiakannya?

Amalan di malam Lailatul Qadar banyak dilakukan orang, dengan berbagai bentuk ibadah. Karena, siapa sih yang nggak pengen mendapatkan banyak pahala di malam yang katanya lebih baik dari seribu bulan ini?

Allah dan Rasulullah SAW memang nggak menyebutkan dengan jelas kapan malam tersebut datang, namun ada tanda-tandanya. Ketidak tahuan kita tentang kapan tepatnya malam tersebut, bakalan membuat kita memburu setiap malam di bulan Ramadan ini dengan banyak amalan-amalan baik.

Kira-kira, amalan apa aja yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala terbaik di malam Lailatul Qadar?

1 dari 2 halaman

Amalan di Malam Lailatul Qadar

Amalan di Malam Lailatul Qadar © Diadona

Di sepuluh hari terakhir di mana disebut merupakan turunnya malam lailatul Qadar, kita biasa banget kan melihat masjid yang mulai ramai dengan banyak orang beribadah.

Tapi karena pandemi ini, diharapkan kita untuk melakukan ibadah di rumah saja, termasuk dalam pengamalan malam Lailatul Qadar. Apa aja yang bisa kita lakukan?

Membaca Al Quran

Ada banyak sekali keutamaan membaca Al-Quran, terlebih bila kita jadikan sebagai amalan di malam Lailatul Qadar.

Apa aja keutamaan Al-Quran?

  • Sebaik-baiknya manusia adalah rang yang belajar Al-Quran dan mengamalkannya
  • Al-Quran adalah sebaik-baiknya ucapan
  • Orang yang mahir membaca Al-Quran akan bersama dengan malaikat
  • Orang yang membaca Alquran diibaratkan seperti buah utrujjah yang luarnya wangi dan dalamnya manis
  • Alquran akan memberi syafaat kepada pembacanya
  • Membaca satu atau dua ayat Alquran lebih baik daripada memperoleh satu atau dua ekor onta yang besar
  • Rahmat dan ketentraman akan turun ketika berkumpul membaca Alquran
  • Membaca satu huruf Alquran akan memperoleh sepuluh kebaikan

Sholat Malam

ibadah sunnah merupakan pintu tambahan bagi umat untuk berdoa kepada Allah, masak sih mau disia-siakan? Terlebih Allah SWT juga sudah menjelaskan dalam banyak hadist tentang pahala yang diperoleh seseorang yang terbangun di malam hari untuk lebih dekat dengan Dia.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“ Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” [HR. Tirmidzi, Hadist hasan]

Maka, sholat malam seharusnya menjadi amalan di malam Lailatul Qadar yang nggak boleh dilewatkan, bukan?

Bertaubat

Di malam tersebut, gunakan kesempatan sebaik mungkin untuk memohon ampun atas dosa yang telah lampau, dengan memperbanyak taubat. Amalan di malam Lailatul Qadar ini sesuai dengan perintah Rasulullah untuk berdoa meminta ampun di malam-malam tersebut.

Aisyah berkata, " Wahai Rasulullah, apa yang harus aku ucapkan jika aku bertepatan mendapatkan malam Lailatul Qadar?" . dan beliau menjawab " Bacalah doa ini,"

Doa untuk Amalan di Malam lailatul Qadar © Diadona

" (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani).

Berdzikir

Nggak cuman membaca doa tersebut, menurut Imam Nawai dalam kitab Al-Adzkar, sebaiknya mengisi amalan di malam Lailatul Qadar dengan banyak berdzikir. Seperti yang kita tahu, ada banyak banget keutamaan dari berdzikir, dan lima yang utama diantaranya seperti yang dikutip dari dalamislam.com:

  • Tercukupi atas segala sesuatu
  • Masuk surga
  • Memperoleh ridha Allah SWT
  • Mendapatkan predikat orang terbaik di hari kiamat
  • Mendapatkan kebaikan berlipat-lipat

2 dari 2 halaman

Amalan di Malam Lailatul Qadar untuk Mencapai Kemuliaan

Amalan di Malam Lailatul Qadar © Diadona

Selain lima amalan di malam lailatul qadar tersebut, jangan lupakan juga amalan lainnya untuk mencapai kemuliaan di bulan Ramadan. Apa saja?

Meluruskan Niat

Diperlukan banyak niat dan tekad yang bulat untuk tetap istiqomah dalam menjalankan amalan tersebut, terutama di hari terakhir bulan Ramadan. Karena akan ada balasan yang setimpal untuk kebaikan tersebut, sesuai dengan hadist berikut:

“ Barang siapa yang bangun (untuk beribadah) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan keikhlasan, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” (HR Bukhari dan Muslim)

Berpenampilan Terbaik

Disunnakn untuk berpenampilan terbaik untuk melakukan amalan di malam Lailatul Qadar. Caranya, dengan mandi, memakai pakaian terbaik, memakai wangi-wangian. Mau ketemu sama gebetan aja dandan cakep bener, masak mau beribadah aja, engga?

Nggak makan Terlalu Banyak saat Berbuka Puasa

Biar apa? Biar nggak ngantuk saat melakukan rangkaian amalan di malam Lailatul Qadar ini.

Amalan di malam Lailatul Qadar mungkin terlihat seperti halnya amalan sunnah di malam yang lain, tapi punya pahala yang jauh berlipat ganda. Apa enggak sayang kalau dilewatkan begitu saja?

Beri Komentar