7 Tips Jitu supaya Anak Gak Nonton TV Terus

Reporter : Riza Umami
Rabu, 15 Mei 2024 16:45
7 Tips Jitu supaya Anak Gak Nonton TV Terus
Anak maunya nonton TV terus Mom? Coba lakukan beberapa cara di bawah ini.

Nonton TV bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, tetapi jika dilakukan secara berlebihan, hal ini bisa memiliki dampak negatif bagi kesehatan dan perkembangan mereka.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membantu anak-anak mengatur waktu mereka di depan layar. Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk membantu anak mengurangi waktu nonton TV.

1 dari 5 halaman

1. Tetapkan Batasan Waktu

Ilustrasi Anak Menonton TV © Diadona© shutterstock.com

Tentukan batasan waktu yang jelas untuk waktu nonton TV anak-anak. Diskusikan bersama mereka berapa lama anak-anak diperbolehkan menonton TV setiap hari atau setiap minggunya. Buat jadwal yang konsisten dan pastikan mereka mematuhi batasan tersebut.

2. Berikan Alternatif Kegiatan yang Menarik

Sediakan alternatif kegiatan yang menarik dan bermanfaat bagi anak-anak selain menonton TV. Ajak mereka untuk membaca buku, bermain di luar rumah, berolahraga, atau melakukan aktivitas kreatif seperti lukis atau membuat kerajinan tangan.

Dengan memberikan pilihan yang menarik, anak-anak akan lebih tertarik untuk melakukan kegiatan lain selain menonton TV terus-menerus.

2 dari 5 halaman

3. Buat Aturan Tanpa TV di Meja Makan

Ilustrasi Keluarga Makan © Diadona© unsplash.com / National Cancer Institute

Jadikan meja makan sebagai area bebas TV. Tanamkan kebiasaan untuk tidak menonton TV saat makan bersama keluarga kepada anak-anak.

Meja makan adalah tempat yang berharga untuk berinteraksi dan berbicara satu sama lain, sehingga dengan menghilangkan gangguan dari TV, Mom dapat memperkuat hubungan keluarga dan memperbaiki pola makan anak-anak.

3 dari 5 halaman

4. Gunakan TV sebagai Reward

ilustrasi menonton tv © Diadona© @ aprilshowersmovie

Gunakan waktu menonton TV sebagai reward untuk perilaku positif atau pencapaian tertentu anak-anak Mom. Misalnya, mereka bisa mendapatkan waktu ekstra menonton TV jika mereka menyelesaikan pekerjaan rumah dengan baik atau jika mereka membaca buku selama waktu yang ditentukan.

Hal ini akan memberikan semangat pada anak untuk melakukan hal-hal yang positif supaya mereka mendapatkan reward tambahan waktu menonton televisi.

4 dari 5 halaman

5. Contohkan Perilaku yang Baik

ilustrasi ibu dan anak © Diadona© freepik.com

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, penting bagi Mom sebagai orang tua untuk memberikan contoh perilaku yang baik terkait penggunaan TV.

Buatlah aturan yang konsisten untuk diri Mom sendiri, seperti membatasi waktu menonton TV atau tidak menonton TV saat ada tugas-tugas penting yang harus diselesaikan.

6. Diskusikan Efek Negatif dari Terlalu Banyak Menonton TV

Bicarakan dengan anak-anak Mom tentang efek negatif yang bisa timbul dari terlalu banyak menonton TV, seperti kurangnya aktivitas fisik, gangguan tidur, dan penurunan kemampuan konsentrasi. Ajak mereka untuk berdiskusi tentang alternatif kegiatan yang lebih bermanfaat dan menyenangkan bagi mereka.

5 dari 5 halaman

7. Pantau dan Beri Umpan Balik Positif

Ilustrasi Anak Menonton TV © Diadona© shutterstock.com

Pantau kegiatan nonton TV anak-anak Mom secara teratur dan berikan umpan balik positif jika mereka berhasil mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

Berikan pujian dan dorongan saat mereka berhasil mengurangi waktu nonton TV dan lebih memilih untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten dan memberikan dukungan yang positif, Mom dan Dad bisa membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan sehat dan mengurangi ketergantungan mereka pada TV.

Ingatlah bahwa kesabaran dan konsistensi adalah kunci utama dalam membentuk kebiasaan yang baik. Selamat mencoba ya Mom.

Beri Komentar