Bagaimana Cara supaya Anak Tidak Merasa Tersisihkan saat Memiliki Adik?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 14 Mei 2024 17:43
Bagaimana Cara supaya Anak Tidak Merasa Tersisihkan saat Memiliki Adik?
Mari cari tahu jawabannya di bawah ini, Mom.

Memiliki adik adalah momen yang menggembirakan bagi sebagian besar anak, tetapi perubahan ini juga bisa menimbulkan perasaan campur aduk, terutama jika mereka merasa tersisihkan.

Penting bagi orang tua untuk membantu anak mengatasi perasaan ini dengan memberikan perhatian khusus dan membangun hubungan yang kuat di antara saudara-saudara mereka.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak tidak merasa tersisihkan saat memiliki adik.

1 dari 7 halaman

1. Libatkan Anak dalam Perawatan Adik

ilustrasi ibu dan anak © Diadona© raisingchildren.net.au

Melibatkan anak-anak dalam perawatan adiknya dapat membantu mereka merasa dihargai dan penting dalam keluarga. Ajak mereka untuk membantu mengganti popok, menyanyikan lagu-lagu untuk adik, atau membantu dalam memberi makan.

Dengan melibatkan mereka secara aktif, anak akan merasa memiliki tanggung jawab dan keterlibatan yang sama dalam kehidupan adik mereka.

2 dari 7 halaman

2. Tetapkan Waktu Khusus untuk Anak

Ilustrasi keluarga dan hewan peliharaan © Diadona© westgateanimalhospital.ca

Meskipun merawat bayi membutuhkan banyak waktu dan perhatian, penting untuk tetap mengalokasikan waktu khusus untuk anak yang lebih tua.

Jadwalkan kegiatan bersama anak, seperti bermain game, membaca buku, atau melakukan aktivitas kesukaan anak. Ini akan memberi anak perasaan penting dan dicintai, serta memperkuat ikatan keluarga.

3 dari 7 halaman

3. Dorong Kebersamaan

Ilustrasi Keluarga Bahagia © Diadona© shutterstock

Ajak anak-anak untuk berinteraksi dan terlibat satu sama lain. Beri anak kesempatan untuk berbagi pengalaman, tertawa bersama, dan menjalin ikatan.

Dorong anak untuk membantu satu sama lain dan menunjukkan kasih sayang, sehingga anak-anak bisa menjadi teman yang baik satu sama lain di masa depan.

4 dari 7 halaman

4. Jelaskan Pentingnya Peran Anak sebagai Kakak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona© Shutterstock.com

Bicaralah dengan anak-anak tentang betapa pentingnya peran mereka sebagai kakak. Jelaskan bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan merawat adiknya, dan bahwa adiknya akan memandang mereka sebagai contoh yang baik.

Ini akan memberikan anak yang lebih tua perasaan kebanggaan dan rasa percaya diri dalam peran baru mereka sebagai seorang kakak.

5 dari 7 halaman

5. Berikan Perhatian yang Sama

Ilustrasi Keluarga © Diadona© https://www.pexels.com/@pixabay

Pastikan untuk memberikan perhatian yang sama kepada semua anak. Hindari membanding-bandingkan anak-anak atau memperlakukan salah satu lebih spesial dari yang lain.

Tunjukkan bahwa Mom dan Dad mencintai semua anak dengan cara yang unik dan bahwa tidak ada yang akan tersisihkan dalam keluarga.

6 dari 7 halaman

6. Ajarkan Keterampilan Sosial

Ilustrasi keluarga berpelukan © Diadona© reliantmedicalgroup.org

Ajarkan anak-anak untuk berkomunikasi secara efektif dan mengekspresikan perasaan mereka dengan baik. Bantu anak memahami bahwa perasaan cemburu atau tersisihkan adalah normal, tetapi mereka dapat mencari cara yang positif untuk mengekspresikannya.

Berikan anak-anak ruang untuk membicarakan perasaan mereka dan berikan dukungan yang mereka butuhkan.

7 dari 7 halaman

7. Rayakan Keunikan Masing-Masing Anak

ilustrasi keluarga © Diadona© dress2match.com

Tunjukkan pada anak-anak bahwa setiap orang memiliki keunikan dan bakatnya sendiri. Rayakan pencapaian anak, apakah itu prestasi akademis, keterampilan atletik, atau minat dan hobi tertentu.

Ini akan membantu anak-anak merasa dihargai dan diterima dalam keluarga tanpa perlu bersaing dengan saudaranya sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa orang tua lakukan supaya anak yang lebih tua tidak merasa tersisihkan saat memiliki adik. Sejumlah cara di atas akan membantu membangun hubungan yang kuat di antara anak-anak dan menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis dan mendukung. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar