5 Tips Mengajak Bayi Berkemah, Ayah Bunda Bahagia Balita Tetap Aman dan Nyaman

Reporter : Kurnia
Kamis, 11 November 2021 15:31
5 Tips Mengajak Bayi Berkemah, Ayah Bunda Bahagia Balita Tetap Aman dan Nyaman
Begini caranya, Moms

Hampir dua tahun di rumah aja karena kondisi yang tidak memungkinkan pastinya akan terasa membosankan. Berkemah atau menikmati lokasi wisata bisa menjadi salah satu pilihan tepat di tengah padatnya aktivitas dan kesibukan.

Namun berkemah akan terkendala jika Moms dan Deddy di rumah masih memiliki balita yang masih susah untuk dikondisikan. Sebenarnya ini bukan menjadi masalah serius jika Moms dan Deddy sudah memiliki persiapan yang matang.

1 dari 5 halaman

Apakah bisa berkemah di alam dengan mengajak buah hati, terlebih mereka masih bayi?

Tentu saja bisa. Dengan segala keperluan dan kebutuhan yang disesuaikan dengan kondisi alam tentunya. Moms dan Deddy bisa mengajak anak-anak, termasuk si kecil yang mungil untuk ikut serta dalam perkemahan bersama keluarga tercinta.

Dengan tips berikut ini, Moms bisa mengajak balita turut serta dalam perkembangan loh. Apa saja?

2 dari 5 halaman

Pilih Lokasi Kemah yang Tepat

Kemah bersama kelurga © Diadona

Seperti dilansir dari laman verywellfamily.com, beberapa lokasi di daerah tempat tinggal Moms mungkin menawarkan tempat berkemah mulai dari tempat bermain air dan kolam renang di tempat hingga restoran lengkap bahkan lokasi wisata keluarga seperti lapangan tenis atau golf putt-putt. 

Ada begitu banyak pilihan berbeda yang bisa Moms pilih sebagai lokasi menghabiskan waktu dengan keluarga dan si kecil. Jika Moms menginginkan pengalaman berkemah yang asri dengan suasana pedesaan, Moms mungkin harus bersiap untuk hal yang tidak terduga. 

Untuk itu, Moms haru menyesuaikan lokasi yang akan dipilih dengan kondisi anak-anak keluarga dan situasi lokasi. Apakah lokasi itu tepat untuk anak-anak atau tidak?

3 dari 5 halaman

Pertimbangkan Situasi Perkemahan

 

Jika Moms memesan tempat terlebih dahulu, Deddy dapat melihat peta perkemahan dan mengukur apa yang terbaik untuk keluarga Moms. Pastikan lokasi adalah tempat yang aman untuk si kecil dan keluarga.

Jika Moms tidak memiliki tenda dan memilih tempat yang terkena sinar matahari, pastikan Deddy memilih tempat yang lebih teduh agar tidak terpapar sinar berlebih. Di sisi lain, area yang terlalu teduh dapat menjadi magnet bagi serangga dan nyamuk dan membuat perjalanan berkemah yang menyakitkan dan gatal.

4 dari 5 halaman

Membawa Perlengkapakan yang Tepat

Kemah bersama kelurga © Diadona

Tentu, berkemah seharusnya bersifat pedesaan, tetapi tidak ada yang mau terlalu kasar ketika Moms mencoba menikmati waktu bersama bayi Moms. 

Agar perjalanana kemah menjadi aman dan nyaman, pastikan membawa semua kebutuhan yang diperlukan bayi. Mulai dari tisu basah hingga penghangat tambahan jika Moms memlih lokasi yang dingin.

5 dari 5 halaman

Waspada dengan Serangga dan Hewan Lainnya

Berkemah dengan anak-anak untuk pertama kalinya bisa menjadi pengalaman yang luar biasa, tetapi juga dapat mencakup banyak kenang-kenangan yang tidak terduga dan tidak diinginkan dalam bentuk gigitan serangga.

Pastikan membawa lotion anti nyamuk dan pakaian yang sesuai untuk menghindari nyamuk dan juga hewan berbahaya lainnya ya, Moms.

Beri Komentar