5 Tips Menangani Kaki Bengkak selama Kehamilan

Reporter : Riza Umami
Jumat, 27 Desember 2019 14:03
5 Tips Menangani Kaki Bengkak selama Kehamilan
Saat hamil mungkin kamu akan mengalami pembengkakan pada bagian kaki, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya.

Di masa kehamilan kamu biasanya akan mengalami beberapa keluhan seperti misalnya kaki yang membengkak. Ini disebabkan karena kaki adalah salah satu bagian di tubuh yang menopang berat tubuh dan kandungan. Selain itu, selama kehamilan tubuhmu memproduksi sampai 50% lebih banyak cairan dan darah yang bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki, tangan dan wajah.

Selain karena penambahan cairan dan darah di dalam tubuh, ada penyebab lain dari pembengkakan ini yaitu karena berdiri terlalu lama. Saat hamil kamu bukan hanya menopang berat tubuhmu tetapi juga berat calon anak dalam kandunganmu sehingga berdiri terlalu lama karena jalan-jalan atau berbelanja bisa membuat kakimu bengkak. Dilansir dari laman Boldsky (16/05), untuk mengatasi bengkak pada kaki ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1 dari 5 halaman

Lebih Banyak Makan Makanan Rumahan

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Saat hamil yang paling baik adalah mengonsumsi makanan rumahan. Kamu bisa memasaknya sendiri atau jika kamu terlalu lelah untuk memasak sendiri kamu bisa meminta bantuan pada suami, saudara atau orang tuamu. Hindari untuk terlalu sering membeli makanan kemasan atau yang dibeli di swalayan karena biasanya makanan-makanan itu tinggi akan kandungan sodium yang menyebabkan lebih banyak cairan di tubuh padahal saat hamil produksi cairan di tubuh meningkat drastis. Dengan kata lain mengonsumsi makanan kemasan ini akan meningkatkan kemungkinan pembengkakan.

2 dari 5 halaman

Berolahraga dengan Teratur

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Saat hamil kamu tetap bisa berolahraga dengan melakukan olahraga yang ringan. Olahraga dengan teratur ini akan membantu untuk memperlancar sirkulasi darah dan cairan di dalam tubuh sehingga mengurangi kemungkinan kaki bengkak. Konsultasikan terlebih dahulu olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan pada dokter kandunganmu agar kamu dan bayi sama-sama sehat.

3 dari 5 halaman

Rendam Kaki dalam Air Garam

ilustrasi rendam kaki di air garam © Diadona

Merendam kaki di dalam air garam ini bisa sangat menenangkan dan salah satu obat alami terbaik untuk kaki bengkak. Garam ini akan membantu untuk menyempitkan pembuluh darah dan mengarahkan darah menjauh dari kakimu, sehingga bisa mengurangi pembengkakan di kaki.

4 dari 5 halaman

Kurangi Minum Kopi

Kopi © Diadona

Kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan penyimpanan air di dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab pembengkakan pada kaki. Selain itu, kafein ini akan membuatmu lebih sering buang air kecil, yang bisa menyebabkan kamu mengalami dehidrasi. Saat kehamilan mengonsumsi lebih banyak air putih akan baik untuk tubuhmu.

5 dari 5 halaman

Pijat Kaki

Kram Kaki © Diadona

Memijat kaki juga salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi pembengkakan karena bisa memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi sakit otot serta rasa pegal yang kamu rasakan. Selain itu, pijatan pada kaki ini akan membantu dalam mengurangi stres di masa kehamilan. Kamu bisa minta pijat pada tukang urut, menyewa layanan pijat online atau bisa juga meminta bantuan pada keluarga.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kaki bengkak yang kerap terjadi saat masa kehamilan. Kalau sudah mencobanya, jangan lupa komen di bawan ini, ya!

Beri Komentar