5 Tanda Kamu Memberi Makan Bayi Terlalu Banyak

Reporter : Riza Umami
Jumat, 27 Desember 2019 10:04
5 Tanda Kamu Memberi Makan Bayi Terlalu Banyak
Tanpa sadar mungkin kamu telah memberi makan si kecil terlalu banyak. Bagaimanakah cara mengetahuinya? Berikut tanda-tandanya.

Kesehatan bayi tentu merupakan salah satu hal yang sangat kamu perhatikan sekarang, apalagi saat ia baru lahir. Mungkin kamu khawatir menyusui anak terlalu sedikit, sehingga ia tidak cukup mendapatkan asupan gizi untuk tubuhnya. Oleh sebab itu, mungkin tanpa disadari kamu telah menyusui atau memberi makan anakmu dalam jumlah yang terlalu banyak, apalagi bila ini adalah pengalaman pertamamu merawat anak.

Dilansir dari laman Boldsky (26/11), kebiasaan tidur dan makan si kecil yang tak menentu ini kadang bisa membuatmu bingung berapa jumlah pemberian susu atau makanan yang tepat. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tanda-tanda saat kamu memberi makan si kecil terlalu banyak.

1 dari 5 halaman

Berat Badan Bertambah

Ilustrasi Bayi © Diadona

Salah satu tanda yang mudah dilihat adalah berat badan anak yang makin bertambah. Sebenarnya ini adalah hal yang baik dan banyak orang tua yang senang saat anaknya sehat dan gemuk. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa berat badan yang berlebih kurang bagus untuk si kecil. Kamu perlu memberikan makan yang cukup sesuai dengan kebutuhan kalori bayi karena mereka belum bisa membakar kalori ekstra yang menyebabkan berat badannya cepat naik.

2 dari 5 halaman

Kotoran Si Kecil

ilustrasi bayi © Diadona

Kamu juga bisa memperhatikan dari kotoran si kecil. Biasanya bayi yang terlalu banyak makan akan memiliki kotoran yang lebih berair dan berbau busuk. Berbeda dengan yang makan dalam jumlah yang cukup yang cenderung biasa dan tak terlalu busuk.

3 dari 5 halaman

Gas Berlebih

ilustrasi bayi © Diadona

Saat usus si kecil kewalahan karena makan berlebih, biasanya produksi gas pun akan berlebih yang menyebabkan ia buang angin terus. Bayi pun bisa merasa tidak nyaman karena tubuhnya tak bisa mencerna jumlah tambahan susu yang diberikan kepadanya. Hal ini juga bisa menyebabkan dia jadi rewel.

4 dari 5 halaman

Gumoh

Gumoh © Diadona

Makan berlebih ini juga bisa menyebabkan si kecil mengalami regurgitasi susu atau yang biasa dikenal dengan istilah gumoh. Gumoh ini yaitu keluarnya kembali sebagian susu yang baru saja ditelan oleh bayi. Susu yang sudah berada di lambung, naik lagi ke mulut si kecil. Gumoh ini sering terjadi pada bayi yang berusia di bawah enam bulan. Namun, seiring bertambahnya usia dan mendapatkan makanan yang cukup, maka bayi pun tak akan mengalami regurgitasi lagi.

5 dari 5 halaman

Bayi Tidak Mau Disusui

ilustrasi bayi ngiler © Diadona

Biasanya jika si kecil sudah merasa kenyang, dia tak mau disusui lagi. Ia akan memalingkan diri dari botol susunya. Jika anakmu seperti ini tak perlu cemas dan biarkan dulu. Nanti jika dia sudah merasa lapar, pasti si kecil akan minta disusui lagi.

Itulah beberapa tanda memberi makan bayi terlalu banyak, apakah kamu pernah mengalaminya atau kamu pernah mengetahui tanda yang lainnya? Komen di bawah, ya!

Beri Komentar