5 Kejadian Aneh Saat Melahirkan yang Bisa Bikin Kamu Terkejut

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 9 Februari 2020 05:00
5 Kejadian Aneh Saat Melahirkan yang Bisa Bikin Kamu Terkejut
Beberapa kejadian aneh yang mungkin nggak disadari para ibu waktu melahirkan.

Sebagai wanita pasti penasaran dong, apa sih yang terjadi di ruang operasi saat seorang wanita sedang melahirkan? Dalam bayangan kita pasti muncul hal yang serem-serem aja kalau udah ngomongin hal itu.

Emang sih, melahirkan itu momen hidup dan mati bagi seorang wanita. Mungkin banyak dari kita yang setelah melahirkan malah nggak inget apa yang terjadi di dalam ruang operasi. Padahal, dari yang saya baca di Times of India, ada beberapa kejadian aneh yang nggak kita sadari terjadi saat kita melahirkan. Penasaran apa aja? Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 6 halaman

Tiba-tiba poop

Ilustrasi Melahirkan © Diadona

Kedengarannya emang menjijikkan, tapi kamu mungkin banget loh tiba-tiba buang air besar selama proses persalinan. Meskipun hal ini wajar tapi banyak ibu hamil yang takut untuk mengalaminya. Emang sih, pasti malu banget kalau tiba-tiba buang air besar di tengah persalinan. Tapi kamu harus yakin kalau itu adalah hal yang normal. Saat kamu mendorong bayimu untuk keluar, kamu menggunakan otot yang sama saat buang air besar. Makanya wajar banget kalo kamu tiba-tiba buang air besar di tengah proses persalinan.

2 dari 6 halaman

Kentut

Kalau kamu memilih bius epidural, kamu mungkin akan merasakan mati rasa pada tubuhmu. Tapi efek samping dari bius itu bisa menyebabkan aktivitas gas yang nggak terkontol. Jadi, kamu nggak perlu heran kalau kamu tiba-tiba nggak bisa mengendalikan kentut atau kencing selama proses persalinan.

3 dari 6 halaman

Banyak darah

Ilustrasi Melahirkan © Diadona

Saat kamu melahirkan bayi ke dunia, kamu akan mengalami pendarahan miss V setelah melahirkan. Sebelum kamu berteriak ketakutan, kamu harus ingat kalau hal itu adalah reaksi alami tubuh setelah pengangkatan plasenta. Untuk beberapa wanita, pendarahan ini mungkin akan terjadi sangat intens. Hal ini bisa memakan waktu sampai enam minggu untuk sembuh.

4 dari 6 halaman

Muntah

Kalau kamu memilih melahirkan dengan cara operasi sesar, obat-obat yang dibutuhkan bisa membuat kamu merasa mual. Epidural juga bisa menyebabkan penurunan tekanan darah, jadi wajar saja kalau kamu tiba-tiba muntah di dalam ruang operasi.

5 dari 6 halaman

Mengeluarkan plasenta

ilustrasi ibu melahirkan © Diadona

Apakah setelah bayi keluar dari rahim proses melahirkan langsung selesai? Ternyata belum. Kamu harus melakukan dorongan lagi untuk mengeluarkan plasenta. Bahkan kontraksi bisa berlanjut setelah bayi keluar. Biasanya plasenta didorong sendiri saat persalinan, tapi beberapa kasus menunjukkan bahwa hal ini bisa menyebabkan pendarahan hebat dan nyeri kronis.

6 dari 6 halaman

Itulah beberapa kejadian aneh yang dialami ibu saat melahirkan. Banyak ibu mungkin nggak mengingatnya secara jelas, tapi hal ini sangat mungkin terjadi waktu kamu melahirkan.

Beri Komentar