5 Alasan Mengapa Tante juga Miliki Peran Penting untuk Tumbuh Kembang Buah Hati

Reporter : Kurnia
Selasa, 26 Oktober 2021 14:15
5 Alasan Mengapa Tante juga Miliki Peran Penting untuk Tumbuh Kembang Buah Hati
Moms wajib tahu nih, ternyata tante juga menjadi pihak penting untuk buah hati

Moms, tahukah jika posisi tante merupakan hal yang penting bagi keluarga, terlebih bagi si kecil? Tente buah hati (adik atau kakak dari Moms dan Daddy) merupakan sosok penting yang membantu tumbuh kembang si kecil.

Selain itu, posisi mereka juga penting bagi Moms dan Daddy untuk membantu dan mendengar keluh kesah. Lantas, apakah posisi tante sama pentingnya seperti Moms? Yuups, tante memiliki posisi yang sama pentingnya seperti Moms.

1 dari 6 halaman

Mengapa demikian?

Seperti dikutip dari laman creativehealthyfamily.com, menurut seorang pakar anak mengungkapkan jika kehadiran tante dalam masa pertumbuhan si kecil memiliki posisi penting karena alasan berikut. Simak alasan dan ulasan berikut ini.

2 dari 6 halaman

Tante bisa turun tangan ketika anak-anak dan Moms sedang tidak baik-baik saja

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © rawpixel.com

Bukan hal yang tidak mungkin jika suatu saat nanti anak-anak akan mengalami masalah kecil dengan Moms. Entah tentang hal kecil atau apa pun itu. Meskipun Moms dan si kecil memiliki hubungan yang baik bahkan seperti tanpa ada debu.

Meski demikian, akan tiba saatnya entah kapan itu Moms akan mengalami masalah dengan si kecil di rumah. Ketika hal itu terjadi, tante memiliki posisi penting yang bisa masuk ke dalam permasalahan untuk membantu meluruskan masalah.

3 dari 6 halaman

Tante tahu bagaimana mendengarkan buah hati tanpa menghakimi

ilustrasi ibu dan anak remajailustrasi ibu dan anak remaja © shutterstock.com / disobeyart

Melanie Notkin, seorang penulis SAVVY AUNTIE, berbicara tentang bagaimana tante memiliki peran penting dan kemampuan yang luar biasa untuk mendengarkan anak-anak kita tanpa menghakimi mereka. 

Saat Moms lebih sering menyelesaikan masalah dengan buah menggunakan kekerasan dan bentakan, tante bisa menjadi pendengar yang baik tanpa menghakimi si kecil. Ketika anak-anak tidak bisa bercerita kepada Moms dan teman-temannya, tante bisa menjadi sosok penengah dan pendengar yang baik.

4 dari 6 halaman

Tidak ada pertanyaan yang terlarang bagi Tante

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © crosswalk.com

Tante tidak hanya mendengarkan keluh kesah anak-anak tanpa menghakimi, mereka juga dapat menangani beberapa pertanyaan terberat buah hati Moms. 

Terkadang anak-anak terlalu malu untuk bertanya kepada Moms. Posisis tante dalam masalah ini menjadi penting karena buah hati bisa membagikan ceritanya kepada tante mereka tanpa takut dan malu.

5 dari 6 halaman

Tante mampu mengurangi tekanan dari masyarakat untuk putri Moms

ilustrasi ibu dan anak remajailustrasi ibu dan anak remaja © freepik.com

Hidup dan besar, perempuan selalu berjuang dan mengalami berbagai perubahan di lingkungan masyarakat. Tak jarang lingkungan memberikan tekanan yang cukup berat untuk tumbuh kembang buah hati.

Tekanan dari masyarakat seperti hinaan dan segala macamnya bisa membuat anak-anak begitu tertekan. Saat hal itu terjadi, Moms bisa memberikan pujian untuk mereka, namun itu saja tidak cukup.

Pertumbuhan si kecil juga membutuhkan wanita selain Moms di lingkungannya. Anak-anak juga membutuhkan wanita lain seperti posisi tante di lingkungan mereka untuk melawan pesan negative dari masyarakat.

6 dari 6 halaman

Tante membantu anak laki-laki Moms menjadi pria yang lebih baik

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © videoblocks.com

Anak laki-laki menghadapi tekanan sosial mereka sendiri dalam hal bagaimana mereka memandang dan memperlakukan wanita. 

Bahkan, terkadang mereka mendengar pesan yang lebih beragam daripada yang dilakukan anak-anak perempuan. Sama seperti tante menunjukkan rasa pedulinta kepada putri Moms, tante juga akan melakukan hal yang sama untuk anak laki-laki Moms. 

Beri Komentar