3 Langkah Pencegahan Virus Corona Pada Anak Menurut WHO, Para Orang Tua Harus Tau, nih!

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 21 Maret 2020 16:00
3 Langkah Pencegahan Virus Corona Pada Anak Menurut WHO, Para Orang Tua Harus Tau, nih!
Biar tahu harus ngapain buat menghindarinya.

Pemerintah telah mengeluarkan langkah pencegahan terhadap serangan virus corona, salah satunya dengan memberlakukan sistem belajar mandiri, yakni sistem belajar dari rumah tanpa perlu pergi ke sekolah. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kontak yang memungkinkan untuk terjadinya penyebaran virus.

Meski virus corona disebut lebih rentan memakan korban orang dewasa, namun pencegahan terhadap anak juga tetap harus digalakkan. Sistem imun anak terbilang masih dalam masa pertumbuhan sehingga belum benar-benar sempurna untuk melindungi diri.

World Health Organization (WHO) pun sudah mengeluarkan panduan untuk mencegah penyebaran virus corona pada anak-anak. Lalu, bagaimana kah langkah-langkahnya?

1 dari 4 halaman

1. Memastikan kebersihan diri dan lingkungan anak

Salah satu usaha yang paling umum adalah dengan menggalakkan cuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar, yakni di bawah air mengalir dan digosokkan merata dengan durasi selama 20 detik.

Rutin berganti pakaian terlebih yang baru dipakai keluar rumah juga sangat disarankan untuk menghindari menempelnya virus.

Pastikan juga lingkungan tempat dia beraktivitas sehari-hari bersih dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

2 dari 4 halaman

2. Memberi wawasan terkatit penyakit COVID-19

Jelaskan dengan bahasa sederhan tentang apa itu virus corona dan apa itu COVID-19. Anak tetap perlu paham agar bisa mewaspadainya.

3 dari 4 halaman

3. Menjaganya tetap tenang dan tidak panik

Setelah anak memahami apa itu COVID-19 dan menjaga kebersihan sebagai langkah pencegahan, tugas selanjutnya bagi orang tua adalah menjaganya tetap tenang.

Jelaskan bahwa meskipun situasinya disebut darurat, namun semuanya masih bisa dikendalikan, terlebih anak sudah melakukan berbagai langkah pencegahan sehingga selama hal itu dilakukan, dia akan jauh dari penyakit tersebut.

4 dari 4 halaman

Semoga informasi di atas bisa membantu orang tua untuk menjaga anak dari virus corona. Semoga sehat selalu semuanya!

Beri Komentar