Wewe Gombel, Hantu Wanita yang Bunuh Diri Karena Diselingkuhi Suaminya

Reporter : Yoyok
Senin, 3 Februari 2020 19:36
Wewe Gombel, Hantu Wanita yang Bunuh Diri Karena Diselingkuhi Suaminya
Wewe gombel memiliki payudara sebesar buah pepaya.

Saat masih kecil, dan keluar main sampai sore, pasti kamu pernah dimarahi orang tuamu. Biasanya orang tuamu akan mengatakan jika kamu main sampai magrib nanti kamu akan diculik wewe gombel.

Sebenarnya, siaps sih wewe gombel ini? Benarkah dia hanya suka menculik anak-anak?

1 dari 4 halaman

Seperti yang tertulis dari banyak literatur dan legenda masyarakat, wewe gombel atau kalong wewe merupakan arwah perempuan yang meninggal karena bunuh diri. Dia mengakhiri hidupnya setelah membunuh suaminya sendiri. Hal tersebut ia lakukan stelah memergoki suaminya yang sedang berselingkuh dengan wanita lain.

Penyebab sang suami tersebut berselingkuh karena istrinya tidak dapat memberikannya anak. Sang suami membenci istrinya sampai wanita tersebut menjadi gila dan terlihat seperti gembel.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Wewe Gombel © Diadona

Dalam legenda masyarakat, hantu wewe gombel ini sering menculik anak-anak yang sedang memiliki masalah dengan orang tuanya. Dia akan menculik anak lalu menyembunyikannya, kemuadian menakut-nakuti orang tuanya. Setelah orang tua sadar bahwa apa yang dia lakukan terhadap sang anak salah, baru wewe gombel akan melepaskannya.

Konon, asal usul wewe gombel ini berasal dari daerah Bukit Gombel di Semarang, Jawa Tengah. Warga sekitar mengatakan bahwa tempat tersebut merupakan sarang hantu.

3 dari 4 halaman

Ciri fisik yang khas dari wewe gombel yaitu payudaranya yang menjuntai sebesar buah pepaya serta berambut panjang seperti kuntilanak.

Katanya, anak-anak yang diculiknya akan diberi makan kotoran manusia. Terkadang anak-anak tersebut akan ditipu penglihatannya dan melihat kotoran tersebut sebagai makanan kesukaannya. Tujuan dari pemberian kotoran manusia tersebut agar si anak menjadi bisu dan tidak bisa menceritakan apa yang telah ia alami ataupun bentuk dari wewe gombel yang menyeramkan tersebut

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Hantu © Diadona

Untuk mencari anak yang diculik oleh wewe gombel ini yakni dengan keliling rumah atau kampung sambil menabuh tampah (nampan besar terbuat dari anyaman bambu), sambil bernyanyi " blek-blek ting, blek-blek ting (menyebut nama anak yang hilang) muncul atau keluarlah," dinyanyikan sambil keliling rumah atau kampung tujuh kali.

Bagaimana? Kamu pernah punya pengalaman diculik wewe gombel? Tulis komentarmu di bawah ya.

Beri Komentar