Viral Video Kamar Kos Driver Ojol Penuh Sampah sampai Dikira Bau Mayat, Diduga Hoarding Disorder

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 27 Juni 2021 09:44
Viral Video Kamar Kos Driver Ojol Penuh Sampah sampai Dikira Bau Mayat, Diduga Hoarding Disorder
Bau menyengat yang keluar dari kamar tersebut sempat dikira merupakan bau mayat. Tapi setelah dibuka paksa, kamar tersebut ternyata berisi tumpukan sampah. Seperti ini penampakannya.

Maraknya kasus kriminal dan penemuan jasad tak dikenal membuat masyarakat makin waspada. Alasan itulah yang mendasari tindakan warga di Palu, Sulawesi Tenggara, membuka paksa sebuah kamar kos karena mengeluarkan bau tak sedap. Namun begitu terbuka, penampakan kamar kos tersebut membuat terkejut.

Apa yang warga temukan?

Kamar yang diduga berisi mayat karena berbau tak sedap tersebut ternyata berisi tumpukan sampah. Sampah berbau itu memenuhi ruangan dan nyaris membuat lantai tak terlihat. Satu-satunya tempat tidur yang berada di dalam kamar juga nampak lusuh dan kotor. Nampaknya, sang penghuni kamar tidur bersama dengan tumpukan sampah tersebut.

1 dari 3 halaman

Dibuka saat Penghuni Pergi Bekerja

Viral, Kamar Kosan Penuh Sampah © Diadona

Kejadian ini diunggah oleh pemilik akun Instagram @wihakofarm dan kemudian viral diunggah ulang oleh beberapa akun media lainnya.

Kejadian ini terjadi di jalan Dewi Sartika Lorong Samping SMP 6, Palu, Sulawesi Tengah. Dikutip dari akun instagram @wihakofarm oleh Liputan6.com, Sabtu (26/6/2021) warga awalnya menduga bahwa di kamar yang dihuni oleh seorang ojek online tersebut tersimpan jenazah. Sebab, tercium bau tak sedap dari kamar.

Atas kesepakatan bersama, warga akhirnya memutuskan untuk mencari tahu apa yang tersimpan di dalam kamar saat driver pergi bekerja. Namun sebelumnya sang pemilik kos sempat menghubungi penghuni kos, namun tak ada jawaban. Dibantu oleh jasa ahli kunci, warga mencoba masuk. Alih-alih menemukan jenazah, warga justru dikejutkan dengan tumpukan sampah memenuhi seluruh ruangan kamar.

2 dari 3 halaman

Viral, Kamar Kosan Penuh Sampah © Diadona

Nampak dari video yang beredar terdapat sampah plastik hingga bekas makanan tergeletak begitu saja di lantai selurh ruangan. Dipenuhi sampah, hanya tersisa ruang untuk meletakkan kasur tanpa dipan. Kondisinya pun memprihatinkan. Diketahui, driver ojek online ini sudah beberapa hari tak pulang ke kosan.

 

3 dari 3 halaman

Pemilik Kos Tak Pernah Diperkenankan Masuk

Pemilik kos menerangkan bahwa setiap kali menagih iuran kos, penghuni kos tidak mempekenankannya masuk, dikutip dari akun instagram @soalpalu.

Melalui video yang beredar, warganet menduga bahwa tindakan penghuni kos tersebut bukan semata-mata karena tidak menerapkan kebersihan, melainkan karena penyakit mental yang disebut hoarding disoder. Penyakit ini ditunjukkan dengan kegemaran mengoleksi sesuatu yang tidak penting karena merasa memiliki ikatan dengan barang-barang tersebut.

      View this post on Instagram

A post shared by palu sulawesi tengah (@soalpalu)

 

Beri Komentar