Usianya Sudah Mencapai 2.000 Tahun, Mumi Xin Zhui Masih Tampak Utuh

Reporter : Yoyok
Senin, 3 Februari 2020 21:12
Usianya Sudah Mencapai 2.000 Tahun, Mumi Xin Zhui Masih Tampak Utuh
Bahkan mumi Xin Zhui masih bisa dilakukan otopsi saat ini.

Kamu tahu mumi? Mayat mumi biasanya muncul di film-film yang berseting negara Mesir. Tetapi, mumi tidak hanya di mesir lho.

Di negara Cina juga ada mumi. Bahkan mumi satu ini masih memiliki bentuk utuh seperti manusia pada umumnya.

Mumi tersebut bernama Xin Zhui atau biasa dipanggil Lady Dai. Xin Zhui meninggal pada tahun 163 SM. Jasad Xin Zhui ditemukan pada tahun 1971.

1 dari 5 halaman

Xin Zhui © Diadona

Yang mengejutkan adalah, ketika mumi Xin Zhui ditemukan, kondisi rambutnya masih utuh, kulitnya lembut saat disentuh, bahkan pembuluh darahnya masih mengandung darah tipe A. Padahal, mumi tersebut telah berumur 2.000 tahun.

Banyak yang meyakini bahwa jasad Xin Zhui yang berasal dari Dinasti Han (206 SM - 220 SM) ini merupakan mumi terbaik yang pernah diawetkan dalam sejarah.

2 dari 5 halaman

Di kompleks tempat dimana Xin Zhui ditemukan, terdapat cawan mirip corong berisi lebih dari 1.000 artefak berharga. Artefak-artefak tersebut termasuk rias wajah, peralatan mandi, ratusan piramida, dan 162 patung kayu berukir yang mewakili staf pelayannya.

Walaupun artefak-rtefak yang ditemukan sangat berharga, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mumi Xin Zhui masih tetap utuh selama 2.000 tahun lamanya.

3 dari 5 halaman

Xin Zhui © Diadona

Para peneliti melakukan otopsi terhadap mumi Xin Zhui tersebut. Dari otopsi tersebut ditemukan fakta bahwa bahwa mumi Xin Zhui tersebut berada dalam kondisi yang mirip dengan seseorang yang baru saja meninggal.

Organ tubuh Xin Zhui juga masih utuh saat diotopsi. Pembuluh dara masih awet dan berjenis golongan darah A. Penyebab kematian Xin Zhui diperkirakan karena serangan jantung. Tidak hanya serangan jantung, penyakit seperti batu empedu, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit hati ditemukan dalam tubuh Xin Zhui.

Para peneliti tersebut juga berasumsi bahwa makanan terakhir dari Xin Zhui merupakan buah melon. Hal tersebut dikarenakan para ahli patologi menemukan 138 biji melon yang tidak dicerna dalam tubuh Xin Zhui.

4 dari 5 halaman

Xin Zhui © Diadona

Lalu bagaimana mumi Xin Zhui dapat awet selama 2.000 tahun? Hal tersebut dikarenakan konstruksi makam yang kedap udara.

Lorongnya yang berada 40 kaki di bawah tanah serta jasad Xin Zhui ditempatkan dalam kotak dan dibungkus 20 lapisan kain sutra. Tidak hanya itu, di sekitar peti juga ditemukan bekas magnesium.

Ditemukan juga lapisan tebal mengandung arang yang dapat menyerap kelembapan. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga oksigen dan bakteri yang dapat memicu pembusukan.

Agar air tidak merembes masuk ke dalam kompleks, bagian atas lorong ditutup dengan tambahan tanah liat setebal tiga kaki.

5 dari 5 halaman

Xin Zhui adalah istri dari Li Cang, seorang bangsawan pada masa Dinasti Han. Karena kekayaannya tersebut ia menjadi obesitas dan terkena berbagai macam penyakit.

Ngeri juga ya melihat kondisi mumi Xin Zhui saat ini? Jangan lupa tulis komentarmu di bawah ya.

Beri Komentar