Tujuan Pendidikan Menurut Para Ahli Serta Jenis-jenisnya

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 25 Januari 2021 08:00
Tujuan Pendidikan Menurut Para Ahli Serta Jenis-jenisnya
Hayo, sudah tahu apa belum tujuan dari pendidikan?

Tujuan pendidikan adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap negara hingga lemba pendidikan baik formal ataupun informal. Pasalanya, tanpa tujuan, pendidikan akan berjalan tanpa arah dan nantinya tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali penyia-nyiaan waktu.

Lalu seperti apa tujuan pendidikan tersebut? Terdapat banyak versi untuk jawaban dari pertanyaan ini.

Menurut UNESCO, tujuan pendidikan didefinisikan sebagai berikut:

  • Learning to know (belajar untuk mengetahui)
  • Learning to do (belajar untuk melakukan)
  • Learning to be (belajar untuk menjadi)
  • Learning to live together (belajar untuk hidup bersama).

1 dari 4 halaman

Di Indonesia sendiri tujuan pendidikan jyga sudah dirumuskan di dalam Undang-Undang. Yakni, UU pasal 31 ayat 5 yang berbunyi sebagai berikut:

  • Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Tujuan Pendidikan Nasional adalah Untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, sehat, kreatif, cakap, mandiri dan menjadi

2 dari 4 halaman

Tujuan Pendidikan Menurut Para Ahli

Ilustrasi Tujuan Pendidikan © Diadona

Di atas adalah tujuan pendidikan yang dirumuskan secara umum oleh organisasi pendidikan dunia atau UNESCO dan yang satunya dirumuskan oleh dasar negara Indonesia yaitu UU. Selain itu tujuan tersebut, para ahli juga mempunyai definisi dalam versi lainnya terkait hal ini.

Menurut Ki Hajar Dewantoro

Menurutnya Bapak Pendidikan Indonesia ini, tujuan pendidikan adalah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.

Menurut Ahmad D. Marimba

Ia mengatakan jika tujuan pendidikan adalah agar kepribadian peserta didik terbetuk dengan sangat unggul. Kepribadian yang dimaksud ini bermakna cukup dalam yaitu pribadi yang tidak hanya pintar, pandai secara akademis saja, akan tetapi baik juga secara karakter.

Menurut M.J. Langeveld

Ia berpendapat bahwa tujuan pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Pendidikan

Ilustrasi Tujuan Pendidikan © Diadona

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis pendidikan yang bisa dinikmati untuk mencapai tujuan pendidikan. Ada jalur formal, non-formal dan informal. Biar tahu bedanya, mari kita bahas satu-satu.

Pendidikan formal

Jenis pendidikan ini adalah jenis pendidikan yang sudah terstruktur dan memiliki jenjang mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar (SD), Pendidikan Menengah (SMP), Pendidikan Menengah (SMA) dan Pendidikan Tinggi (Universitas)

Pendidikan non formal

Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dilaksanakan secara berjenjang dan terstruktur. Jenis pendidikan ini disetarakan sesuai dengan hasil program pendidikan formal melalui proses penilaian dari pihak yang berwenang. Contohnya seperti, Lembaga Kursus, Majelis Taklim, Kelompok Bermain, Sanggar dan lainnya.

Pendidikan informal

Untuk pendidikan informal adalah pendidikan yang berasal dari keluarga dan lingkungan dimana peserta didiknya diharapkan dapat belajar secara lebih mandiri.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar