Tujuan Berdiri dan Dibentuknya Organisasi ASEAN

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 22 Januari 2021 13:59
Tujuan Berdiri dan Dibentuknya Organisasi ASEAN
Kan nggak mungkin ya cuma didirikan begitu aja tanpa ada tujuannya, yuk ketahui tujuan ASEAN.

Tujuan ASEAN adalah memberikan kesejahteraan untuk seluruh warga negara yang tergabung dalam organisasi tersebut. Selain itu, tujuan yang nggak kalah penting adalah mencipatakan kedamaian, keamanan, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

Eh tapi sudah pada tahu belum apa itu ASEAN?

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Ini adalah sebuah organinasi geo-politik dan ekonomi yang menghimpun negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN pertama kali dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967. Organisasi ini dibentuk di Bangkok, Thailand dengan diprakarsai lima negara. Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Singapura dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok. Kini, organisasi ASEAN digunakan untuk mewadahi kerjasama antar 10 negara di kawasan Asia Tenggara.

Organisasi ASEAN dibentuk untuk mencapai beberapa tujuan bersama, khususnya untuk negara-negara di Asia Tenggara.

1 dari 4 halaman

Tujuan ASEAN

Ilustrasi Tujuan ASEAN © Diadona

Tujuan ASEAN yang paling utama adalah menjadi wadah untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang aman, damai, stabil, dan sejahtera. Selain itu, ASEAN juga meruapaka wada untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Jika melihat sisi hitoris tujuan ASEAN yang dibentuk pada tahun era 1960-an adalah untuk meredam konflik. Saat itu, ada situasi rawan konflik yang harus diselesaikan. Konflik ini berkaitan dengan perebutan pengaruh ideologi megara-negara besar.

Tidak berhenti di situ, jika konflik ini terus dibiarkan, maka pasti akan mengganggu stabilitas kawasan yang nantinya juga akan mengganggu pembangunan. Dampak buruk yang tak diinginkan adalah pembangunan tak akan maksimal dan menjadi sebuah ketertinggalan di kawasan Asia Tenggara.

Saat itulah dibentuk ASEAN dan beberapa tujuannya yang tertuang di dalam Deklarasi Bangkok.

2 dari 4 halaman

Tujuan ASEAN dalam Deklarasi Bangkok

Ilustrasi Tujuan ASEAN © Diadona

Berikut adalah beberapa tujuan ASEAN yang tertuang dalam Deklarasi Bangkok:

1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan ini melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan untuk memperkokoh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.

2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum di dalam hubungan antara negara di kawasan ini serta mematuhi prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa;

3. Meningkatkan kerjasama yang aktif dan saling membantu dalam masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama di bidang-bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi;

4. Saling memberikan bantuan dalam bentuk saran-saran pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesi, teknik, dan admistrasi;

5. Bekerjasama secara lebih efektif guna meningkatkan pemanfaatan pertanian dan industri mereka, memperluas perdagangan dan pengkajian masalah-masalah komoditi internasional, memperbaiki sarana-sarana pengangkutan dan komunikasi, serta meningkatkan taraf hidup rakyat mereka;

6. Memajukan pengkajian mengenai Asia Tenggara; dan

7. Memelihara kerjasama yang erat dan berguna dengan berbagai onrganisasi internasional dan regional yang mempunyai tujuan yang serupa, dan untuk menjajagi segala kemungkinan untuk saling bekerjasama secara erat di antara mereka sendiri.

3 dari 4 halaman

Prinsip ASEAN

Ilustrasi Tujuan ASEAN © Diadona

Selain beberapa tujuan yang tertuang jelas di dalam Deklarasi Bangkok. ASEAN juga dibentuk dengan beberapa prinsip yang metar belakangi. Melansir dari laman Wikipedia, berikut adalah beberapa prinsip ASEAN berdasarkan Treaty of Amity and Cooperation of South East Asian (TAC)

1. Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara
2. Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar
3. Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota
4. Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai
5. Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan
6. Kerja sama efektif antara anggota

Tujuan ASEAN adalah untuk menjaga kondusifitas hubungan antar negara di Asia Tenggara. Selain itu yang paling penting adalah menciptakan keamanan untuk seluruh warga negara di Asia Tenggara.

Beri Komentar