Tujuan Penelitian, Contoh, Manfaat, Serta Pengertiannya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 20 Januari 2021 11:20
Tujuan Penelitian, Contoh, Manfaat, Serta Pengertiannya
Karena tujuan penelitian adalah bagian penting dari penelitian, yuk kita pelajari lebih dalam lagi.

Tujuan penelitian pada umumnya adalah untuk menemukan penyelesaian atas suatu masalah tertentu. Tentu saja hal ini harus dilatar belakangi dengan pendekatan metode ilmiah yang sistematis dan empiris. Nantinya hasil dari penelitian ini harusnya akan bisa berdampak pada kemajuan pengetahuan ataupun teknologi di masa yang akan datang.

Tidak dapat dipungkiri lagi, tujuan penelitian ini adalah bagian penting dari sebuah penelitian. Hampir semua jenis karya tulis, seperti skripsi, makalah, tesis, karya tulis ilmiah, essay, maupun proposal penelitian selalu menyertakan bagian ini.

1 dari 6 halaman

Pengertian Tujuan Penelitian

Ilustrasi Penelitian © Diadona

Pengertian tujuan penelitian ini harus dipahami terlebih dahulu ketika kita membicarakan sebuah penelitian. Secara umum tujuan penelitian adalah bagian yang menunjukkan ke arah mana penelitian dilakukan atau data-data serta informasi apa yang akan di capai dari penelitian tersebut.

Lebih detailnya lagi, pengertian tujuan penelitian dikategorikan menjadi tiga bagian. Yakni, tujuan penelitian secara umum, teoritis, dan praktis.

Tujuan penelitian secara umum dilakukan untuk memperoleh pengetahuan atau penemuan baru. Juga, untuk membuktikan atau menguji kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada. serta bisa juga untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.

2 dari 6 halaman

Sedangkan untuk tujuan penelitian secara teoritis adalah usaha yang dilakukan untuk mengetahui satu hal. Pengetahuan yang diperoleh dari jenis penelitian seperti ini tidak dapat dimanfaatkan secara langsung atau secara praktis. Sehingga nama lain dari penelitian seperti ini disebut sebagai basic research.

Lalu yang terakhir ada tujuan penelitian secara praktis. Tujuan penelitian ini ialah mencari serta menemukan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan langsung di dalam kehidupan. Penelitian jenis ini disebut juga dengan applied research.

3 dari 6 halaman

Contoh Tujuan Penelitian

Ilustrasi Penelitian © Diadona

Contoh tujuan penelitian sebenarnya memiliki banyak benyak sekali jenis. Yang jelas tujuan penelitian ini harus menjawab kenapa sebuah penilitian itu dilakukan. Secara umum, tujuan penelitian bisa dikategorikan menjadi tiga macam.

Tujuan pertama yaitu eksploratif, penelitian ini bertujuan untuk menemukan sebuah pengetahuan baru yang belum pernah ada. Misal, ada sebuah penelitian yang akhirnya menemukan gagasan atau teori baru jika LDR itu bisa membuat suatu hubungan semakin langgeng. Yang mana sebelumnya belum ada yang menyatakan hal atau gagasan ini. Ini cuma contoh loh ya, sekali lagi contoh haha.

Lalu yang kedua adalah verifikatif, Penelitian ini bertujuan untuk menguji sebuah teori yang sudah ada. Nantinya hasil dari penelitian ini bisa saja memperkuat penelitian yang ada atau bahkan menggugurkannya.

Terakhir ada development, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah penelitian yang sudah ada atau sebelumnya sudah pernah dilakukan. Misalnya ada sebuah penlitian yang mendukung benar adanya jika LDR adalah kunci langgengnya hubungan karena di sana kesetiaan dipertaruhkan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengembangkan gagasan tentang LDR adalah kunci langgengnya hubungan. Tapi ini cuma contoh, aslinya ya nggak juga hahaha.

4 dari 6 halaman

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Setelah mengetahui tujuan dari penelitian, kita akan membahas manfaat dari penelitian tersebut. Manfaat penelitian adalah apa yang nantinya akan dirasakan oleh orang lain terhadap apa yang sudah kita gali dalam penelitian tersebut.

Secara umum manfaat penelitian ini akan dibagi menjadu dua, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis.

5 dari 6 halaman

Untuk manfaat teoritis sendiri masih ada hubngan dengan tujuan penelitian verifikatif. Manfaat dari penelitian ini berlatarkan ketidak puasaan atau keraguan terhadap teori yang sudah ada sehingga dilakukan penyelidikan kembali secara empiris.

Kemudian ada manfaat praktis, Manfaat praktis ini sangat berguna untuk memecahkan permasalahan yang dasarnya juga praktis. Manfaat penelitian ini akan sangat membantu terhadap objek dan juga subjek penelitian.

Tujuan penelitian diakui atau tidak adalah bagian yang penting dalam sebuah penelitian. Jika sebuah penelitian sudah mempunyai tuuan yang jelas, pasti penelitian tersebut juga akan mempunyai manfaat yang jelas juga. Jadi, kalau melakukan penelitian pastikan punya tujuan tertentu ya!

Beri Komentar