Tips dan Cara Membuat Cerpen beserta Struktur Penulisannya yang Baik dan Benar untuk Pemula

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 21 November 2022 09:26
Tips dan Cara Membuat Cerpen beserta Struktur Penulisannya yang Baik dan Benar untuk Pemula
Cara membuat cerita pendek untuk pemula, langsung bisa dan nilai auto A!

Dilansir dari gramedia.com, Cerita pendek merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Maka dari itu, tidak heran jika cerpen sering menjadi salah satu bentuk karya sastra yang dijadikan sebagai penugasan pelajaran sastra / Bahasa Indonesia di bangku sekolah. Dalam membuat cerpen ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari struktur, tata cara membuat cerpen, hingga pertimbangan isi yang akan ditulis di dalamnya. Jika kamu ingin membuat cerita pendek secara mudah dan praktis, maka kamu perlu memahami beberapa hal mengenai penulisan cerita pendek itu sendiri.

Nah, Diadona telah siapkan mengenai struktur serta tips penyusunan terkait cara membuat cerpen! Simak dengan baik artikel di bawah ini ya.

 

1 dari 2 halaman

Struktur Susunan Cara Membuat Cerpen

Struktur Susunan Cara Membuat Cerpen © Diadona

Sebelum memulai membuat cerpen, alangkah lebih baiknya bila kamu mengetahui struktur susunan yang diterapkan dalam penulisan sebuah cerita pendek.

Struktur Cerpen

  • Abstrak 

Sebenarnya abstrak boleh dicantumkan dan boleh juga tidak dicantumkan saat menyusun cerita pendek, hal tersebut sifatnya opsional. Abstrak sendiri didefinisikan sebagai sebuah ringkasan dari cerita yang disampaikan. Ringkasan cerita yang dibuat ini mencakup alur cerita dari awal hingga akhir yang dituliskan secara ringkas.

  • Orientasi 

Orientasi juga dapat dikatakan sebagai setting. Pada orientasi, penulis dapat menampilkan keterangan waktu, tempat, dan suasana yang digunakan dalam alur cerita cerpen.

  • Komplikasi

Pada komplikasi, penulis biasanya menuliskan watak tokoh dan alur cerita. Penulis juga memberikan gambaran alur cerita pada cerpen. Tips untuk menghasilkan alur yang baik, maka penulis wajib menyusun alur secara sistematis dengan menggunakan prinsip sebab akibat.

  • Evaluasi

Evaluasi pada struktur cerpen bermanfaat untuk memberikan pemahaman pada pembaca mengenai konflik yang terjadi pada alur cerpen. Konflik yang ditampilkan bersifat menyeluruh dan harus mencakup seluruh konflik yang sudah disertai dengan penyelesaian sampai dengan klimaks.

  • Resolusi

Pada resolusi, penulis dapat menuliskan penyelesaian dari setiap permasalahan. Penyelesaian harus dapat menjawab seluruh konflik yang terjadi dalam cerpen.

  • Koda

Struktur yang terakhir adalah koda. Koda berisikan pesan moral dari cerita yang sudah disusun. Pesan moral dalam koda dapat disampaikan secara tersurat, lugas, atau langsung dan bisa juga disampaikan secara tersirat atau tidak langsung.

 

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Cerpen yang Baik dan Benar

Cara Membuat Cerpen yang Baik dan Benar © Diadona

Tidak hanya perlu mengetahui strukturnya saja. Untuk membentuk cerita pendek dengan baik dan tepat, kamu juga perlu memahami beberapa tips penyusunan cerita pendek yang benar. Hal - hal di bawah ini harus kamu perhatikan sebagai syarat cara membuat cerpen yang baik.

  • Mulailah mencari ide

Sebagai pemula, kamu dapat memikirkan ide yang sederhana untuk membuat cerpen menjadi menarik, tidak perlu mengangkat ide atau konflik yang terlalu rumit dalam cerita. Namun, jika memang ingin ide yang rumit juga diperbolehkan saja. Hal yang terpenting untuk mencari ide pada pemula adalah dengan fokus pada cara menampilkan cerita dengan baik memakai ide cerita yang ringan. Contohnya adalah ide dengan permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari - hari. Lalu kembangkan dengan menyalurkan unsur emosional yang juga kamu rasakan dalam ide tersebut.

  • Tulislah cerpen dengan gaya sendiri

Kamu akan merasa lebih nyaman jika menulis cerpen menggunakan gaya bahasa kamu sendiri. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara menulis cerpen, maka juga diperbolehkan untuk membaca beberapa cerpen milik penulis terkenal atau cerpen favorit kamu sebagai gambaran atau referensi untuk menulis cerpen sesuai dengan gaya sendiri.

  • Tentukan tema

Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan ide, kamu dapat membantunya dengan menentukan tema terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan untuk mendapatkan ide yang sesuai dengan tema yang telah kamu tentukan. Selain itu, tema juga dapat kamu peroleh dengan cara membaca beberapa referensi cerpen sebagai inspirasi atau hal yang lebih mudahnya, kamu dapat menentukan tema berdasarkan isu - isu yang sedang hangat dan yang dekat dengan lingkunganmu atau berada di sekitarmu.

  • Buatlah alur dan plot

Setelah menentukan tema, kamu dapat menentukan alur atau jalan cerita dari cerpen yang akan kamu susun. Dengan alur yang jelas maka akan memudahkan pembaca untuk mengerti makna dan isi dari cerpen yang kamu buat. Alur dan plot yang baik dapat kamu peroleh dengan menerapkan sebab akibat pada jalan cerita pada cerpen yang kamu susun. Dalam menyusun plot, kamu dapat memulainya dengan menentukan seluruh peristiwa yang akan dimunculkan dalam sebuah cerita, kemudian sambungkan masing - masing peristiwa sehingga akan membentuk keterkaitan alur cerita.

  • Tentukan tokoh

Setelah menentukan alur cerita dan menyusun beberapa peristiwa untuk membentuk sebuah plot, maka yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menentukan tokoh yang tepat sebagai pemeran dari cerita. Beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat penokohan yang baik dalam sebuah cerita pendek, yakni tampilkan citra tokoh senyata mungkin. Citra yang dimaksudkan adalah watak dan karakter tokoh yang digambarkan. Semakin nyata watak, karakter ataupun sifat tokoh yang digambarkan, maka akan semakin mudah pembaca ikut larut dalam peran yang dimainkan oleh tokoh. Untuk menyampaikan sifat penokohan kamu bisa menggunakan beberapa cara, yaitu : 

  1. Langsung dideskripsikan oleh pengarang mengenai watak tokoh melalui narasi.
  2. Kesan / deskripsi tokoh lain terhadap tokoh tersebut 
  3. Benda dan barang yang berada di sekitar tokoh. 
  4. Melalui pikiran tokoh.
  5. Tindakan dan ucapan tokoh.
  • Tentukan latar atau setting

Menentukan latar atau setting merupakan hal yang penting untuk mendukung peristiwa memiliki kesan yang lebih nyata. Dengan latar dan seting yang mendukung, pembaca akan ikut hanyut dan masuk dalam cerita yang disusun oleh penulis karena latar yang digambarkan sangat jelas dan mampu menghipnotis pembaca. Ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk membuat latar / setting pada cerita pendek, yakni :

  1. Menghubungkan latar / setting dengan watak tokoh
  2. Menghubungkan latar / setting dengan karakter tokoh
  • Membuat sudut pandang

Sudut pandang merupakan cara penulis memberikan kesan pada pembaca. Penulis dapat membuat pembaca seolah - olah berada dalam cerita dengan penggambaran sudut pandang tokoh menggunakan sudut pandang orang pertama. Penulisan sudut pandang orang pertama identik dengan menggunakan “ aku/ saya” yang dapat membuat pembaca seolah - olah menjadi tokoh utama dalam cerita. Selain sudut pandang orang pertama, ada juga sudut pandang orang ke - 3 dengan menyebut “ dia dan mereka” dalam menyampaikan cerita. Sudut pandang orang ketiga lebih memberikan kesan bahwa pembaca menjadi orang yang mengamati dan membaca cerpen.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum menyusun cerita pendek yang baik dan benar. Lakukan langkah - langkah cara membuat cerpen di atas untuk memudahkanmu dalam menyusun cerita pendek dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Penulis: Ericha Deyna Arifin

Beri Komentar