Ciri-Ciri Cerpen, Teks Kebahasaan dan Pengertiannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 28 Juni 2020 06:01
Ciri-Ciri Cerpen, Teks Kebahasaan dan Pengertiannya
Ciri-ciri cerpen nggak cuman terpacu sama panjang tulisan doang, namun ternyata unsur lainnya.

Ciri-ciri cerpen yakni tulisan fiksi yang lebih pendek ketimbang novel. Tapi apakah itu doang? Enggak dong.

Menurut Encyclopedia Britannica, ciri-ciri cerpen biasanya berkaitan dengan efek tunggal yang mau disampaikan ke pembaca. Panjang ceritanya hanya dalam satu atau beberapa episode atau adegan yang signifikan aja. Narasinya singkat, trus penghilangan plot yang kompleks. Biar lebih kece, biasanya karakter ditulis dalam aksi dan pertemuan yang dramatis, tapi jarang berkembang sepenuhnya.

Ciri-ciri cerpen yakni punya cakupan yang terbatas dari segi cerita, panjang, dan jumlah karakter, namun, cerpen dinilai dengan kemampuannya buat memberikan perlakuan yang lengkap dan bisa memuaskan dari sisi karakter dan subjeknya.

1 dari 3 halaman

Ciri Kebahasaan Cerpen

Ciri-Ciri CerpenCiri-Ciri Cerpen © 2020 shutterstock.com/MyImages - Micha

Bentar, ciri kebahasaan cerpen tuh apa sih? Ciri kebahasaan merujuk pada gimana cara penyampaian bahasa yang digunakan, biar isi dari cepen itu sampai ke pembacanya.

Ciri-ciri kebahasaan cerpen menurut rumahpintar.com yakni sebagai berikut:

  • Menyebutkan tokoh, baik nama, kata ganti, julukan atau sebutan
  • Menggunakan penggambaran waktu lampau
  • Menggunakan kata-kata yang menggambarkan setting cerita
  • Terdapat kata-kata untuk mendeskripsikan tokoh, baik secara fisik atau kepribadiannya
  • Terdapat kata-kata yang menuliskan tentang peristiwa yang dialami pelaku
  • Terdapat sudut pandang penulis cerita

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Teks Cerpen

Ciri-Ciri CerpenCiri-Ciri Cerpen © 2020 shutterstock.com/Brian A Jackson

Layaknya sebuah novel, cerpen pun juga pasti tersusun atas berbagai komponen yang membangun di dalamnya. Dan berikut ciri-ciri cerpen:

Ciri-ciri cerpen bila mengacu pada jumlah kata, yakni sebuah sebuah karya sasta berbentuk prosa dengan jumlah 750 - 10 ribu kata dalam satu judul. Namun, menurut Pengajar.co.id, ini dibedakan lagi menjadi tiga jenis cerpen

  • Cerpen mini, cerpen dengan 750 - 1000 jumlah kata
  • Cerpen ideal, cerpen dengan 3 ribu - 4 ribu jumlah kata
  • Cerpen panjang, yakni cerpen dengan jumlah kata mencapai 10 ribu kata

Ada beberapa pendapat ahli mengenai gimana sih ciri-ciri cerpen tersebut. Beberapa diantaranya yaitu pendapat Sumarjo dan Saini (1997 : 36) ceritanya pendek bersifat rekaan (fiction) ,bersifat naratif dan memiliki kesan tunggal.

Ada juga pendapat lain mengenai ciri-ciri cerpen yang disampaikan oleh Lubis dalam Tarigan (1985 : 177), yakni sebagai berikut:

  • Cerita pendek harus mengandung interprestasi pengarang dan pandangannya mengenai kehidupan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Cerpen memuat sebuah insiden yang menjadi jalan cerita
  • Ciri-ciri cerpen harus punya paling enggak satu tokoh utama
  • Cerita pendek harus satu efek atau kesan yang menarik

3 dari 3 halaman

Pengertian Cerpen dan Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri CerpenCiri-Ciri Cerpen © 2020 shutterstock.com/RAGMA IMAGES

Selain ciri-ciri cerpen, ada juga pengertian cerpen dari berbagai ahli, antara lain

Nugroho Notosusanto

Menurut Nugroho Notosusanto, pengertian cerpen yakni cerita yang panjangnya berkisar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi. Ciri-ciri cerpen yakni isinya terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

Sumardjo dan Saini

Menurut Sumardjo dan Saini, pengertian cerpen adalah cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi, meski mungkin saja ceritany ebneran kejadiaan. Ciri-ciri cerpen yakni ceritanya yang relatif pendek.

H. B. Jassin

Menurut B. Jassin, arti cerpen adalah sebuah cerita singkat yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan, pertikaian dan penyelesaian.

A. Bakar Hamid

Menurut A. Bakar Hamid, suatu karya yang disebut dengan cerpen harus dilihat dari kuantitas dan ciri-ciri cerpen. Yakni terdiri dari 500 sampai 20 ribu kata, punya plot cerita, ada satu karakter dan ada kesan yang ingin disampaikan.

Ciri-ciri cerpen memuat unsur panjang tulisan, isi, dan ternyata hingga pesan dalam tulisan tersebut, yah. Kamu punya cerpen favorit nggak? Apa judulnya? Mau tahu dong.

Beri Komentar