Tembus Festival Film Venice, Ini Deretan Fakta Menarik dari Film Autobiography

Reporter : Arifina
Jumat, 20 Januari 2023 10:12
Tembus Festival Film Venice, Ini Deretan Fakta Menarik dari Film Autobiography
Kalian udah nonton belum nih?

Mulai tayang sejak 19 Januari 2023 di bioskop, film Autobiography rupanya cukup menyita antusias penonton. Bahkan, film bergenre thriller ini berhasil tembus ke Festival Film Venice 2022.

Menceritakan tentang perjalanan seseorang calon bupati. Dimulai dari proses kampanye hingga pemilihan. Sesuai genrenya, film arahan sutradara Makbul Mubarak ini terkesan gelap namun sarat makna.

Berikut deretan fakta menarik tentang film Autobiography.

1 dari 5 halaman

Proses Produksi Super Panjang

Pembuatan film Autobiography benar-benar melalui proses produksi yang super panjang. Film ini memulai perjalannya dari tahun 2017 lalu, ketika mengikuti ajang Torino Film Lab di tahun tersebut.

Autobiography juga banyak bekerja sama dengan pihak luar yaitu European Audiovisual Entrepreneurs Ties That Bind, Berlinale Co-Production Market, Locarno Open Doors, Southeast Asian Fiction Lab, FDCP Project Market, dan First Cut Lab.

Sementara, dari perjalanan itu barulah proses produksi dimulai pada tahun 2021 yang lalu. Hingga akhirnya Autobiography sudah tayang di bioskop sejak 19 Januari 2023.

2 dari 5 halaman

Tembus Festival film Venice 2022

Film Autobiography tembus Festival Film Venice 2022 © Diadona

Proses produksi yang panjang ini membawa Autobiography menjadi perwakilan Indonesia dan Asia Tenggara untuk Ajang 2022 Venice International Film Festival.

Ajang tersebut menjadi salah satu festival film tertua dan telah berlangsung sejak 1932. Ini menjadi salah satu kebanggan bagi sineas di Tanah Air.

Indonesia memang sudah kerap menyumbangkan filmnya ke ajang itu, di antaranya, Opera Jawa, A Copy of My Mind, Maryam, dan Kucumbu Tubuh Indahku. Bahkan, film pendek berjudul Kado berhasil memenangkan kategori best short film di tahun 2018.

3 dari 5 halaman

Debut Pertama Makbul Mubarak

Sosok sutradara Makbul Mubarak memang bukan orang baru di kancah sineas. Namun, sebelumnya ia sering menggarap film-film pendek.

Salah satunya film pendek buatannya berjudul Ruah dan berhasil memenangkan FFI di tahun 2017.

bisa dibilang Autobiography menjadi debut pertama Makbul Mubarak menggarap film dengan durasi yang lebih panjang dari sebelumnya. Selain itu, film Autobiography ini juga menjadi karya yang sangat personal baginya.

4 dari 5 halaman

Bertabur Bintang Ternama

Film Autobiography tembus Festival Film Venice 2022 © Diadona

Kesuksesan film Autobiography hingga tembus Festival film Venice 2022 tak hanya berkat tangan sutradara dan kru produksi semata, melainkan juga oara aktor dan aktris yang terlibat sebagai pemain.

Autobiography dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas Indonesia. Pemeran utamanya diperankan Kevin Ardilova sebagai Rakib dan Arswendy Bening Swara sebagai Purna.

Selain itu ada juga aktor senior Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi ahmad Tajudin, dan Haru Sandra yang ikut membintangi film ini.

Beri Komentar