Tak Percaya dengan Ramalan, Deddy Corbuzier: Mbak You Itu Bohong!

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 18 Januari 2021 18:16
Tak Percaya dengan Ramalan, Deddy Corbuzier: Mbak You Itu Bohong!
Deddy Corbuzier membuat video khusus untuk Mbak You dan menanggapi prediksi yang dibuat Mbak You akhir tahun lalu, dengan menggelar konferensi pers pada 23 November 2020.

"Saya tidak punya masalah, tapi cara berpikir orang Indonesia menjadi kacau gara-gara orang seperti anda," ucapnya dalam podcast Close the Door di kanal YouTube yang tayang pada Senin, 18 Januari 2021.

Deddy mengatakan, kondisi Indonesia saat ini sedang kurang baik. "Indonesia itu sedang kacau, sedang menangis. Pesawat jatuh, banjir, beberapa tokoh meninggal, polarisasi, ditambah ramalan akan ada penjarahan, kericuhan. Maksud Anda apa? Saya bilang ramalan anda bohong," ujarnya jengkel.

1 dari 3 halaman

Deddy Corbuzier © Diadona

Menurut Deddy yang mengaku mendalami ilmu psikologi, prediksi dapat menimbulkan efek nocebo, yaitu suatu keadaan di mana suatu kejadian sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit sehingga membuat seseorang mengalami sakit karena keyakinan atau persepsi terhadap sesuatu. Ia pun mengaitkannya dengan prediksi Mbak You bahwa ia tahu akan ada penjarahan, kerusuhan, dan keributan.

" Kalau ini ramalan, impactnya akan jadi nocebo, yang tadinya enggak ada apa-apa, malah jadi apa. Orang yang punya pikiran negatif, wah iya, rusuh ini diramalkan, lalu terjadi subconsious, lalu bekerja dengan sendirinya," ujarnya

2 dari 3 halaman

Deddy menilai prediksi Mbak You tidak bisa dipercaya. Peramal yang memprediksi begitu banyak peristiwa, pasti ada dua atau tiga yang benar. "Kalau saya ngomongin seratus omongan, pasti ada 2 atau 3 yang benar, dan itu yang akan dibuzz. Yang benar itu dibahas, yang lain dilupakan," ujarnya. Dalam situasi tersebut, kebenaran yang tidak disengaja disebut cold reading, yaitu teknik yang biasa digunakan untuk menunjukkan bahwa sebagai peramal seolah-olah peramal bisa mengetahui banyak hal tentang klien.

      View this post on Instagram

A post shared by Mbak You / Paranormal Kejawen (@mbakyou17)

Beri Komentar