Style Suster ala Jennie BLACKPINK di MV 'Lovesick Girls' Dikritik Netizen, Begini Jawaban YGEnt

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 6 Oktober 2020 16:12
Style Suster ala Jennie BLACKPINK di MV 'Lovesick Girls' Dikritik Netizen, Begini Jawaban YGEnt
Agensi BLACKPINK buka suara terkait kritikan netizen kepada kostum perawat yang dipakai Jennie.

Di awal bulan Oktober kemarin, BLACKPINK membawa warna baru dengan lagu mereka, 'Lovesick Girls' yang dirilis pada tanggal 2 beserta MV-nya. Musik Video 'Lovesick Girls' BLACKPINK ini pun mendapat respon positif dari Blinks di seluruh penjuru dunia. Lagunya emang ear-catching ya guys?

Terlepas dari lagu yang candu dengan konsep MV yang bikin cengo akan visual member BLACKPINK, ada salah satu scene Jennie yang disoroti netizen. Pada menit 1.32 dancer sekaligus rapper BLACKPINK tersebut muncul dengan pakaian perawatnya.

1 dari 5 halaman

PPKMK Ajukan Protes

Jennie BLACKPINK di MV Lovesick Girls © Diadona

Ada salah satu scene Jennie sedang nge-rap dengan kostum perawat berwarna putih. Jennie tampil dengan pakaian perawat ketat, rok mini dan dipadukan dengan high heels. Scene inilah yang mendapat kritikan pedas dari netizen dan juga Persatuan Petugas Kesehatan dan Medis Korea (PPKMK).

Kostum yang dikenakan Jennie dianggap terlalu ketat dengan rok mini. Melansir dari Allkpop (6/10), PPKMK menilai kalau scene Jennie tersebut menjurus ke arah seksual dan jauh dari realita seragam suster yang sebenarnya.

2 dari 5 halaman

PPKMK juga mengatakan meski suster merupakan petugas kesehatan dan profesi medis, banyak orang yang menjadikannya sebagai objek seksual. Hal ini juga dikarenakan banyaknya seorang perawat yang dari kalangan kaum hawa. Mereka juga mengingatkan kalau masih banyak suster yang mendapat pelecehan seksual sampai sekarang.

The scene intended no other purpose, and we feel concerned that this scene has fallen under uxaggerated scrutiny.

3 dari 5 halaman

Netizen Ramai-ramai Bikin Tagar Protes

Protes Netizendi Media Sosial Terkait Pakaian Suster Jennie © Diadona


Nggak hanya PPKMK saja yang mengkritik scene Jennie BLACKPINK di MV Lovesick Girls ini, tapi netizen pun memberikan komentar pedas terkait ini. Mereka menganggap scene menjadi ajang pelecehan perempuan, khususnya yang berprofesi sebagai suster.

Banyak dari netizen yang juga mengaku seorang suster ikut berpartisipasi dengan hashtag #Stop_Sexualizing_Nurses dan hashtag dalam bahasa Korea yang artinya suster bukanlah kostum di media sosial.

4 dari 5 halaman

Pernyataan YG Entertainment

Jennie BLACKPINK © Diadona


Dari ramainya protes yang dilayangkan netizen di media sosial dan juga PPKMK, YG Entertainment pun memberikan pernyataan terbukanya.

" Pertama dan terutama, kami ingin menyampaikan rasa hormat yang mendalam untuk para perawat profesional yang berjuang di gardan depan, selalu merawat para pasien di tempat kerjanya.

Selanjutnya, lagu Lovesick Girls memberikan pertanyaan kenapa orang-orang mencari cinta bahkan setelah terluka dan menderita karenanya. Juga untuk menyampaikan sebuah pesan harapan dalam mengekplorasi sebuah ide cinta itu sendiri.

5 dari 5 halaman

Adegan di MV Lovesick Girls menggambarkan seorang suster dan pasien untuk mengekspresikan lirik 'Tidak ada dokter yang bisa membantu saat aku mengalami lovesick (sakit karena cinta)'. Adegan itu tidak ada maksud lain dan kami prihatin karena adegan ini diawasi secara berlebihan.

Kami minta penonton untuk melihat MV ini sebagai bentuk lain dari seni bebas. Kami akan berterima kasih jika penonton bisa mengerti kalau setiap adegan mengekspresikan lirik secara visual, tanpa ada makna lain di baliknya. Walau begitu, staf produksi sedang mempertimbangkan untuk mengedit adegan yang dipertanyakan."

Jadi dari konfirmasi YG, scene Jennie pakai kostum perawat itu cuma buat memvisualisasikan dari lirik rap yang dinyanyikan. Kalau menurutmu gimana guys?

Beri Komentar