Sinopsis The Devil on Trial, Film Dokumenter tentang Kisah Nyata yang Horor

Reporter : Riza Umami
Kamis, 19 Oktober 2023 13:00
Sinopsis The Devil on Trial, Film Dokumenter tentang Kisah Nyata yang Horor
Ini nih sinopsis The Devil on Trial.

Belum lama ini, Netflix merilis film dokumenter terbaru yang diangkat dari kisah nyata. Film itu adalah The Devil on Trial yang mengangkat tentang satu-satunya persidangan pembunuhan di Amerika Serikat yang dinyatakan sebagai pembelaan dengan alasan kerasukan setan.

Film The Devil on Trial berdurasi 1 jam 21 menit yang dirilis pada tanggal 17 Oktober 2023 kemarin. Meski mengangkat horor kisah nyata, penonton tak perlu khawatir karena tak ada jumpscare dalam film dokumenter yang satu ini.

1 dari 5 halaman

Sinopsis The Devil on Trial

The Devil on Trial menceritakan tentang persidangan Arne Johnson, seorang laki-laki berusia 19 tahun. Kasusnya tersebut saat itu jadi pembicaraan hingga masuk ke berita nasional di tahun 1981.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com (17/10), Arne mengaku bahwa ia membunuh pemilik rumah tempat ia menyewa yaitu Alan Bono, pria berusia 40 tahun. Namun, Arne mengatakan bahwa saat itu ia dalam pengaruh kekuatan setan.

2 dari 5 halaman

Bermula dari Gangguan Gaib yang Dialami David

The Devil on Trial © Diadona

Pembunuhan itu terjadi di Connecticut. Pengakuan Arne yang tak biasa itu pun langsung mencuri perhatian publik. Kisah ini bermula dari gangguan gaib yang dialami oleh David Glatzel yang saat itu berusia 11 tahun.

Awalnya, Debbie yang merupakan kakak David menemukan sebuah rumah di Newton yang akan ia gunakan untuk tempat tinggalnya bersama kekasihnya, Arne Johnson. Mereka pun punya niat untuk segera menikah.

3 dari 5 halaman

Ibu Debbie pun kemudian menyuruh David dan dua kakak laki-lakinya untuk membantu Debbie membersihkan rumah yang akan ditempati tersebut. David melakukannya selama beberapa waktu sampai ia keluar dari rumah itu dan minta untuk segera meninggalkan tempat tersebut.

Setelah merasakan keanehan-keanehan dari rumah itu, David pun akhirnya memberitahukan hal itu pada keluarganya. Ia mengungkapkan bahwa dirinya sempat didorong oleh makhluk yang mengerikan.

Gak cuma itu, makhluk tersebut juga menyuruhnya melakukan hal yang membahayakan. David pun minta bantuan kepada keluarganya, termasuk Arne yang saat itu adalah calon kakak iparnya.

4 dari 5 halaman

David Menjalani Eksorsis

The Devil on Trial © Diadona

Sayangnya, tak ada yang percaya pada David. Namun, karena suasananya makin menyeramkan, akhirnya mereka pun memanggil demonolog Ed dan Lorraine untuk melakukan eksorsis kepada David.

David pun menjalani rangkaian eksorsis. Pada salah satu eksorsis, untuk memancing iblis yang merasuki David, Arne malah menantang makhluk itu untuk keluar dari tubuh David dan merasukinya.

5 dari 5 halaman

Iblis Merasuki Arne Johnson

Hal itu pun ternyata berhasil dan iblis itu merasuki Arne. Dalam pengaruh kekuatan gaib, Arne pun membunuh Alan Bono hingga kasusnya meledak di publik dan jadi pembicaraan pada saat itu.

Kisah Arne Johnson ini juga sebelumnya menjadi inspirasi untuk film Conjuring 3: Devil Made Me Do It. Namun, berbeda dengan film horor fiksi tersebut, film dokumenter The Devil on Trial ini menceritakan kisah Arne Johnson dari banyak subjek yang terlibat dalam peristiwa tersebut secara langsung. Gimana, penasaran mau nonton 'The Devil on Trial' gak?

Beri Komentar