Sempat Diperiksa KPK, Cita Citata Ceritakan Kronologi Dirinya Terseret Kasus Korupsi Dana Bansos

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 30 Maret 2021 17:02
Sempat Diperiksa KPK, Cita Citata Ceritakan Kronologi Dirinya Terseret Kasus Korupsi Dana Bansos
Cita Citata sempat dituding menikmati uang hasil korupsi dana bansos. Ia pun sempat mendapat panggilan dari KPK. Begini kronologi lengkap kejadian tersebut.

Kasus korupsi dana bansos yang dilakukan oleh mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara tengah bergulir. Dalam penyidikannya, nama pedangdut Cita Citata ikut terseret lantaran keikutsertaannya sebagai pengisi dalam sebuah acara yang diadakan oleh Kementerian Sosial. Diduga, event tersebut jadi salah satu jalur aliran dana korupsi.

Dalam berbagai pemberitaan, Cita sempat dituding turut menikmati hasil korupsi dana bansos tersebut. Baru-baru ini, ia pun mengungkap klarifikasi terkait masalah tersebut.

"Itu di bulan November awal akhirnya ada kerjaan setelah kita lama nggak dapat kerja, corona kan," tutur Cita dalam obrolan bersama Dinar Candy di kanal YouTube Riweuh Paciweuh.

"Acaranya di Labuan Bajo. Aku di salah satu hotel nyanyinya," imbuhnya.

1 dari 3 halaman

Tampil di Malam Ramah Tamah Kemensos

Di hari itu, Cita Citata menyanyikan delapan buah lagu dalam acara malam ramah tamah Kementerian Sosial. Ia bahkan sempat membacakan nama Juliari Batubara dalam daftar ucapan terima kasih. Sesuatu yang membuat ia kaget karena mantan Mensos itu terlibat dalam korupsi yang diungkap dalam pemberitaan seminggu kemudian.

" Hah, kok ada dia? Kok sama kayak di media. Aduh aduh aduh," ujar Cita menggambarkan reaksinya saat membaca nama Juliari di pemberitaan korupsi dana bansos.

2 dari 3 halaman

Hubungan Memenuhi Syarat Profesional

Setelah nama Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka utama kasus korupsi dana bansos, Cita Citata pun turut dipanggil oleh KPK untuk dimintai keterangan terkait keterlibatannya dalam salah satu acara yang diadakan oleh Kemensos. Cita datang tanpa beban lantaran hubungan kerjanya saat itu yang sudah memenuhi alur yang berlaku.

" Mereka (Kemensos) hire EO, EO-nya nelpon ke manajer, manajer baru ke aku. Jadi aku nggak tahu apa-apa," ungkap Cita.

" Makanya waktu aku kemarin di sana, kubilang sama penyidiknya, bapak salah sasaran. Harusnya yang dipanggil itu EO atau manajer saya. Soalnya mereka yang nge-deal, saya nyanyi doang di sana," tegasnya.

Posisi Cita juga semakin jelas karena dari segi nominal uang yang diterima pun sudah sesuai dengan harga yang biasa ia tawarkan kepada klien setiap akan tampil menyanyi.

" Kemarin waktu di penyidikan, wakil ketua KPK menyatakan bahwa Cita itu sudah sesuai dengan rate-nya," ujar Cita.

" Jadi dia bilang tidak harus dibalikin. Kalau kita nyanyinya satu jam dibayarnya 1 M baru itu nggak sesuai. Ini kan nggak berlebihan, sesuai dengan rate-nya aku," Cita melanjutkan.

3 dari 3 halaman

Dukung Penuntasan Kasus Korupsi

Terakhir, Cita Citata sangat berharap klarifikasi yang ia ungkapkan dapat meredakan berbagai asumsi yang beredar di masyarakat. Sempat mendapat berbagai penghakiman dari masyarakat luas, Cita justru mengungkapkan hal sebaliknya, yakni ingin mendukung proses hukum yang berlangsung agar masalah tersebut segera diselesaikan seadil mungkin.

" Mudah-mudahan media dan masyarakat tahu kalau aku sebenarnya datang ke KPK dengan berat hati, tapi sebagai warga negara yang baik aku ingin menjalankan ini semua dan ikut men-support supaya kasus ini cepat diusut tuntas," tutur Cita.

" Semoga ada hikmahnya nama aku dibawa-bawa sama mereka supaya semua kasus ini cepat selesai dan diadili seadil-adilnya. Aku juga ingin jadi perwakilan masyarakat semua untuk bisa mendorong biar kasus ini cepat bergulir dan diselesaikan seadil-adilnya," pungkasnya.

Beri Komentar