Sejarah April Mop, Perayaan Hari Prank Sedunia

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 1 April 2022 11:11
Sejarah April Mop, Perayaan Hari Prank Sedunia
April Mop seorang jadi hari di mana orang diizinkan buat melakukan prank dan lelucon. Tapi bagaimana sejarah dan asal mula perayaan ini?

Tanggal 1 April dikenal dengan April Mop atau April Fool's Day, merupakan hari di mana banyak prank bertebaran. Di hari ini banyak orang melakukan tradisi berupa tipuan atau lelucon ke orang lain trus berteriak 'April Mop' di akhir untuk nunjukin kalau mereka cuman becanda doang. Makanya kamu harus hati-hati nih menanggapi sesuatu di hari ini karena bisa saja itu cuman bohongan aja.

April Mop atau April Fool's Day dirayakan di seluruh bagian dunia. Malah nih banyak brand besar yang ikutan dengan prank merilis produk atau kabar mengejutkan. Di akhir, mereka kemudian mengakui kalau itu hanyalah prank semata. Trus orang yang diprank nggak boleh merasa marah, emosi atau perasaan negatif lainnya.

Banyak orang yang menantikan momen ini untuk memberikan prank atau tipuan ternyleneh mereka. Tapi banyak juga nih yang sebel sama April Mop karena khawatir jadi sasaran keisengan orang lain.

Secara official, April Mop dimulai di tahun 1700 di Inggris. Tapi menurut History, banyak spekulasi yang menyebut bahwa setelah ditelusuri, perayaan ini sudah ada sejak tahun 1582.

Sampai saat ini nih, asal-usul terciptanya April Mop masih belum diketahui. Banyak spekulasi yang mengiringi hari yang satu ini. Simak satu persatu yuk!

1 dari 3 halaman

Perubahan dari Kalender Julian dan Gregorian

April MopApril Mop © Architect and artist from Pixabay

Mengutip History, pada tahun 1582, Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian seperti yang diminta oleh Dewan Trent pada tahun 1563.

Nah di dalam kalender Julian, tahun baru dimulai pada tanggal 25 April sedangkan kalender Grogerian diperingati setiap tanggal 1 Januari. Trus orang-orang banyak yang terlambat menyadari nih kalau tahun baru sudah berubah. Akhirnya nih mereka merayakan tahun baru sejak bulan Maret hingga 1 April. Hal ini akhirnya menimbulkan lelucon yang kemudian disebut dengan April Fools.

Prank yang dilakukan pada saat itu yakni menempelkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai " poisson d'avril" (April fish), yang disebut nih melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang yang mudah tertipu.

2 dari 3 halaman

Festival Hilaria, Roma Kuno

April MopApril Mop © marian anbu juwan from Pixabay

Dalam festival yang digelar di Roma oleh pengikut kultus Cybele pada akhir Maret. Orang-orang bakalan datang memakai pakaian dengan menyamar buat mengejek sesama warga, bahkan hakim. Perayaan ini disebut terinspirasi oleh legenda Mesir Isis, Osiris dan Seth.

3 dari 3 halaman

Vernal Equinox

April MopApril Mop © liputan6.com

Yakni titik balik musim semi yang terjadi pada 20 Maret atau 21 Maret yang menandakan dimulainya musim semi di Belahan Bumi Utara. Selama masa tersebut, siang dan malam hari memiliki panang waktu yang sama. Di waktu ini cuaca kerap berubah dan nggak bisa diprediksi sehinggga orang-orang merasa sedang di-prank oleh alam.

Trus ada juga nih menyebut bahwa April Mop adalah untuk perayaan Dewa Kekacauan, tapi nampaknya hal ini sudah tidak disebut lagi.

Bukan cuman hari prank buat seru-seruan aja nih, tapi ada kepercayaan tentang April Mop ini. Masyarakat Yunani percaya kalau kita bisa membodohi orang dengan prank di hari April Mop ini, maka kita bakalan mendapatkan keberuntungan sepanjang tahun.

Trus di bagian negara tersebut, curah hujan di tanggal 1 April disebut punya kemampuan menyembuhkan.

Jadi itu dia sejarah perayaan April Mop yang kita kenal sekarang ini. Prank apa nih yang udah kamu terima hari ini?

 

Beri Komentar