Santer Disebut Jiplak Video Artis Kpop, Via Vallen: Emang Nyontek!

Reporter : Riza Umami
Selasa, 3 November 2020 18:06
Santer Disebut Jiplak Video Artis Kpop, Via Vallen: Emang Nyontek!
Waduh, ternyata emang nyontek ya.

Lagu terbaru Via Vallen jadi kontroversi baru-baru ini. Hal ini lantaran video klip penyanyi dangdut yang satu ini tampak sangat mirip dengan MV salah seorang penyanyi asala Korea Selatan yaitu IU.

Video klip lagu Via Vallen yang berjudul 'Dengarkanlah Aku' ini punya banyak kemiripan dengan MV IU yang bertajuk 'Above the Time'. Isu plagiat ini pun langsung viral di media sosial seperti Instagram dan Twitter.

Kontroversi Isu Plagiat Via Vallen Terhadap IU Trending di Korea Selatan

1 dari 3 halaman

Banyak netizen lokal dan global bahkan sampai melaporkan video klip Via Vallen ini pada agensi yang menaungi IU yaitu EDAM Entertainment. Tentu saja, hal ini pun ramai di Korea Selatan saat itu.

Via Vallen sendiri mengatakan sangat malu akan kejadian tersebut. Dia bahkan mengakui bahwa video klip lagunya tersebut memang nyontek dari MV milik IU yang dilakukan oleh sutradara video klip lagu Via tersebut.

Isu Plagiat Via Vallen pada MV IU © Diadona

2 dari 3 halaman

Via Vallen sendiri mengaku bahwa dirinya sama sekali tak tahu-menahu sudah ada video klip dengan konsep seperti itu, apalagi dia bukan penggemar Kpop sehingga tak banyak tahu soal MV Kpop seperti itu.

Hal ini dia sampaikan melalui Instagram story miliknya dan juga saat datang di acara Kopi Viral yang diunggah di channel YouTube TRAND TV Official.

Via Vallen © Diadona

3 dari 3 halaman

Via Vallen ditanyai, " Beberapa waktu yang lalu kan viral nih heboh, Via ngeluarin karya baru terus bikin video klip. Nah, orang menganggap ternyata video klip itu sama dengan artis Kpop. Gimana sih ceritanya?" .

" Saya akui itu emang nyontek, sutradaranya yang nyontek karena waktu itu emang syuting kita dikasih tahu story board-nya, kita syuting aja nggak ada yang ngganjel atau gimana. Tiba-tiba pas udah di-upload beberapa jam kemudian rame. Terus akhirnya saya tahu, ya udah akhirnya di-take down aja karena bagaimanapun juga jiplak itu salah." , kata Via Vallen.

Wah, semoga ke depannya hal seperti ini nggak sampai terjadi lagi ya. Gimana menurutmu?

 

Beri Komentar