Sambut Hari Kartini, Neutrogena Indonesia Dukung Pengembangan Cricket Putri di Indonesia

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 17 April 2024 15:29
Sambut Hari Kartini, Neutrogena Indonesia Dukung Pengembangan Cricket Putri di Indonesia
Neutrogena Indonesia tunjukkan komitmen penuh untuk dukung Cricket Putri di Indonesia

Neutrogena Indonesia brand perawatan kulit terpercaya yang berada di bawah naungan Kenvue, secara resmi mengumumkan kelanjutan dari dukungan mereka terhadap perkembangan olahraga cricket di Indonesia. Jadi, brand ini akan menjadi sponsor turnamen Kartini Cup 2024 khusus untuk Cricket Putri.

1 dari 4 halaman

Neutrogena Indonesia Dukung Pengembangan Cricket Putri di Indonesia © Diadona© Neutrogena Indonesia

Kartini Cup

Kartini Cup sendiri merupakan turnamen cricket putri yang diadakan setiap tahun pada Hari Kartini. Tujuannya adalah sebagai bentuk penghormatan kepada Raden Ajeng Kartini, pahlawan nasional yang dikenang karena perjuangannya dalam memprakarsai emansipasi dan pemberdayaan wanita Indonesia.

Turnamen ini akan digelar mulai tanggal 20 hingga 29 April 2024. Neutrogena Indonesia berharap Kartini Cup tak hanya menjadi panggung bagi para atlet putri muda untuk menunjukkan kemampuan, melainkan juga sebagai ajang yang dapat menyebarkan semangat emansipasi wanita di bidang olahraga.

2 dari 4 halaman

Cricket di Indonesia

Terkait dengan emansipasi dan pemberdayaan wanita dalam bidang olahraga, cricket memiliki sejarah manis yang tercermin dalam penyelenggaraan Piala Dunia Cricket Wanita pertama yang diadakan di Inggris pada 1973 atau dua tahun sebelum Piala Dunia Cricket Pria diadakan. Hal ini menandai momen penting dalam sejarah cricket, dimana kontribusi atlet wanita mendapat pengakuan di panggung internasional.

Cricket pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Belanda pada abad ke-19. Awalnya, olahraga ini dimainkan oleh komunitas Eropa di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta (Batavia), Surabaya, dan Bandung. Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, minat terhadap cricket khususnya di kalangan remaja putri di Indonesia mulai mengalami peningkatan, beberapa klub cricket pun mulai aktif dalam mengadakan program-program untuk merekrut dan melatih atlet cricket putri.

Dalam hal prestasi, Tim Nasional Putri Indonesia pernah menorehkan kebanggaan sebagai peraih medali emas di SEA Games 2023 dan berhasil bermain di Piala Dunia Putri U-19 2023. Pencapaian ini membawa Indonesia berada di peringkat 20 besar dunia.

3 dari 4 halaman

Neutrogena Indonesia Dukung Pengembangan Cricket Putri di Indonesia © Diadona© Neutrogena Indonesia

Dukungan Neutrogena untuk Cricket Putri Indonesia

Zaskia P. Setiyasari, Skin Health Lead Kenvue Indonesia mengatakan jika dengan Dengan mendukung turnamen Kartini Cup 2024 Neutrogena Indonesia berharap dapat membantu menghadirkan wadah bagi para wanita muda di Indonesia untuk menembus batasan sosial, mengasah kemampuan leadership dan team work, serta membangun kepercayaan diri, baik didalam maupun diluar lapangan cricket.

4 dari 4 halaman

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Persatuan Cricket Indonesia (PCI), Abhiram Singh Yadav menambahkan bahwa penyelenggaraan turnamen tingkat nasional seperti Kartini Cup ini merupakan bagian dari perjuangan membawa tim cricket putri Indonesia dalam mengembangkan kemampuan sekaligus menunjukkan kekuatan mereka.

" Perjalanan para atlet cricket putri untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional yang inspiratif ini dapat membuka pintu bagi generasi penerus untuk berani bermimpi dan mencapai lebih. Bukan tidak mungkin, jika suatu hari nanti, Indonesia melahirkan sosok legendaris seperti Rachael Heyhoe-Flint ataupun Mithali Raj" tutur Abhiram Singh Yadav.

Dengan menggelar turnamen ini, PCI bersama dengan Kenvue, berupaya menghadirkan narasi baru tentang pemberdayaan, ketahanan, dan keunggulan di kalangan wanita muda di Indonesia. Mari bergabung dalam campaign ini untuk merayakan dan mendukung perjalanan luar biasa dari atlet-atlet inspiratif ini.

Beri Komentar